Awas, Longsor di Gumitir

DIPASANG RAMBU: Pengendara motor yang melintas di Jalur Gumitir harus lebih berhati-hati ketika hujan. Sebab, kawasan ini dikenal sangat rawan longsor.  

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pengguna jalan yang melintas di Jalur Gumitir, Dusun Gumitir, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, diimbau untuk lebih berhati-hati. Sebab, saat hujan deras dan cukup lama, daerah tersebut sangat rawan terjadi longsor dan pohon tumbang. Apalagi hujan deras dan cukup lama. Tanah yang awalnya kering, ketika air hujan masuk, biasanya rawan ambrol/longsor. Peristiwa itu sudah sering terjadi.

IKLAN

Karena itulah, ketika hujan deras dan disertai angin, sebaiknya pengguna jalan, khususnya pemotor, berhenti di tempat yang lebih aman. ”Berhentilah di tempat atau warung yang jauh dari tebing dan pohon yang ada di tebing jalan. Karena yang paling ditakutkan adalah ketika hujan deras yang disertai angin kencang,” ujar Ipda Suparman, Kanitlantas Polsek Silo.

Dia menyebut, sepanjang Jalur Gumitir banyak pohon di atas tebing jalan. Itu sangat rawan tumbang ke jalan. Apalagi saat ini ada batu yang rawan ambrol, setelah longsor musim hujan sebelumnya. ”Hindari berhenti di bawah pohon,” lanjutnya.

Hal itu juga sudah antisipasi bencana sebelum memasuki Jalur Gumitir itu. Yakni memasang rambu-rambu peringatan seperti tulisan “Rawan Longsor” yang dipasang oleh PT Perhutani Jember

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Hadi Sumarsono