Sudah Tersirat, Belum Tersurat

Arah Dukungan Parpol yang Tak Umumkan Rekomendasi

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Sebagian besar partai politik (parpol) rampung menjatuhkan arah dukungan. Kendati begitu, belum semuanya mengumumkan secara terbuka kepada siapa rekomendasi diberikan. Ada mekanisme internal, sehingga rekomendasi beberapa partai masih rahasia.

Seperti PDIP, arah jatuhnya rekomendasi santer dikabarkan jatuh kepada pasangan Abdussalam dan Ifan Ariadna (Salam-Ifam). Akan tetapi, partai ini menunggu pengumuman resmi tahap kelima yang rencananya dilakukan hari ini (2/9). Apakah rekomendasi tersebut akan jatuh kepada Salam-Ifan, tentu keputusan final pada saat diumumkan.

Sementara itu, arah dukungan PPP kepada pasangan Hendy Siswanto dan Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun) semakin menguat. Itu terjadi setelah Partai Gerindra banting setir mendukung Hendy. Meski demikian, Ketua PPP Jember Madini Farouq atau yang akrab dipanggil Gus Mamak, belum memberikan kepastian apakah PPP final ke Hendy atau ke yang lain. “Kepastiannya masih kami tunggu,” ucapnya.

Sekretaris PPP Jember Abu Yazid Merdeka mengungkapkan, beberapa waktu lalu PPP memiliki dua pasangan calon. Pertama, Djoko Susanto dan Gus Mamak. Kedua, Hendy dan Gus Firjaun. Namun, karena rekomendasi Gerindra kepada Djoko beralih, maka paslon PPP hanya ada Hendy-Gus Firjaun. “Tapi kami tetap menunggu surat resminya. Apa pun keputusan DPP, kami di daerah pasti mendukung,” tuturnya.

Partai Berkarya yang diketahui sempat mengeluarkan surat rekomendasi kepada dua tokoh, hingga kini belum memastikan apakah rekomendasi finalnya kepada Hendy-Gus Firjaun atau kepada Salam-Ifan. “Kami menunggu keputusan resminya,” kata Firdaus, Ketua Partai Berkarya Jember.

Sikap menunggu surat resmi dari partai juga disampaikan Ketua DPD Perindo Jember Hanung Prijobodo. Menurutnya, hingga dikonfirmasi Jawa Pos Radar Jember, pihaknya masih menunggu kepastian final surat rekomendasi. “Masih dalam proses,” ucap Hanung.

Selain partai politik di atas, sejumlah partai lain sudah banyak yang menerbitkan surat rekomendasi. Ada yang ke Hendy-Gus Firjaun dan ada pula yang merekomendasi Salam-Ifan. Namun, arah dukungan seluruh partai masih berpotensi mengalami perubahan. Mengingat, masih ada waktu sebelum masa pendaftaran di KPU Jember ditutup.

 

 

Editor: Mahrus Sholih
Reporter: Nur Hariri
Fotografer: Grafis Reza