Alumni PKPNU IAIN Jember Berbagi Kurban

KURBAN DI KAMPUNG ZAKAT: Rektor IAIN Jember Babun Suharto Jember menyerahkan hewan kurban bantuan dari alumni PKPNU Segmen Dosen IAIN Jember di Kampung Zakat Dusun Paceh, Desa Jambearum, Kecamatan Sumberjambe, Jember.

SUMBERJAMBE.RADARJEMBER.ID – Alumni Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) segmen dosen IAIN Jember kembali menunjukkan kepedulian sosialnya. Kali ini menyalurkan hewan kurban di kampung zakat Desa Jambearum, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, yang merupakan binaan Kemenang Jember dan IAIN Jember.

Ada seekor sapi dan dua ekor kambing sumbangan para dosen IAIN alumni PKPNU ditambah 2 ekor kambing sumbangan karyawan Kemenag Jember dan tiga ekor kambing kurban dari warga setempat.

Menurut Ketua Alumni PKPNU Segmen Dosen IAIN Jember Dr Khamdan Rifai, hewan kurban yang disalurkan ini merupakan hasil iuran para alumni PKNU. “Jumlah iuran yang berhasil kami kumpulkan mencapai Rp 20,75 juta. Dari hasil iuran itu bisa kami belikan satu ekor sapi dan dua ekor kambing,” ujar Hamdan yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember.

Pemotongan hewan kurban bantuan dari alumni PKPNU segmen dosen dan Kemenag Jember dilakukan pada hari Minggu (2/7/2020) di Dusun Paceh, Desa Jambearum, Sumberjambe.

Pada kesempatan itu, juga hadir Rektor IAIN Jember, Prof Babun Suharto, beserta istri, Kepala Kemenag Jember KH Muhammad, beserta istri, Ketua UPZ Kemenag Jember H Muslim, serta rombongan dari IAIN Jember dan Penyuluh Agama Islam dari Kemenag Jember.

Koordinator PKPNU IAIN Jember Prof M Noor Harisudin mengatakan, pada Oktober 2019 lalu, pihaknya telah melakukan kegiatan pendidikan kader NU di Pesantren Nurul Qarnain Sukowono, Jember.

Sedikitnya 150 peserta dinyatakan lulus, kemudian mereka aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Termasuk penyembelihan dan pendistribusian kurban di kampung zakat Sumberjambe. “Satu bulan sebelumnya, alumni PKPNU iuran. Hasilnya seperti kita lihat sekarang ini,” ujar Harisudin yang juga Dekan Fakultas Syariah IAIN Jember.

Rektor IAIN Jember Prof Babun Suharto menambahkan, setiap dua minggu sekali, IAIN Jember bersama Kemenag Jember dan Baznas turun menyapa masyarakat dengan berbagai kegiatan filantropi di sejumlah daerah di Jember.

Menurutnya, perguruan tinggi tidak boleh hanya sebatas menjadi menara gading. “Karenanya sebagai perguruan tinggi, IAIN Jember berusaha menyapa masyarakat. Salah satunya dengan kegiatan berbagi kurban untuk membantu warga tak mampu,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Jember Muhammad yang didapuk memimpin doa sempat menyampaikan pentingnya meneladani kesabaran Nabi Ibrahim saat diperintahkan menyembelih anaknya sendiri. Meskipun akhirnya digantikan dengan seekor kambing. “Keluarga Nabi Ibrahim patut kita teladani kesabarannya. Ada hikmah dan pelajaran penting di dalamnya,” tandasnya. (kl)

Editor: Mahrus Sholih
Reporter: Maulana
Fotografer: Istimewa