Macet Gara-gara PKL

PENYAKIT LAMA: Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sekitar lampu merah Jalan Otista  Mangli masih saja berjubel. Ini yang selalu membuat macet lalu lintas di kawasan tersebut.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Arus kendaraan roda empat, truk dan jenis kendaraan lainnya harus tersendat karena banyak pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar lampu merah. Ini penyakit lama. Dan kondisi seperti ini hampir terjadi setiap hari, di sisi timur pasar Mangli, di Jalan Otista, Kecamatan Kaliwates.

IKLAN

Padahal, jalan tersebut merupakan kawasan provinsi yang padat oleh kendaraan berat roda empat dan kendaraan lain. Belum lagi ada sebuah belokan.

Praktis, karena banyaknya PKL yang berjualan di pinggir jalan, maka lalu lintas terpaksa harus berhenti, untuk mengikuti kendaraan yang lurus atau yang mau belok ke arah kanan (kota). Sehingga, ini memperparah antrian panjang kendaraan.

”Kalau misalnya pedagang kaki lima tidak sampai ke luar pasar, kendaraan yang mau belok kiri masih bisa terus walau harus berjalan pelan. Tetapi karena banyaknya PKL dan motor parkir, maka harus berhenti untuk menunggu lampu hijau baru berjalan,” ujar Slamet, warga sekitar.

Menurutnya, PKL yang berjualan di Pasar Mangli tidak perlu meluber keluar sampai ke jalan. Sebab, setidaknya kendaraan roda empat yang akan belok kiri bisa berjalan terus. ”Ini perlu tindakan, karena penyakit ini sudah tahunan,” ujarnya.

Editor: Hadi Sumarsono
Reporter: Jumai
Fotografer: Jumai