Bikin Kue dan Turnamen Game

LEBARAN DI ASRAMA: Pebulutangkis asal Jember, Febriana Dwipuji Kusuma menikmati Lebaran tahun ini di asrama Pelatnas PBSI Cipayung Jakarta. Dirinya belum bisa pulang ke Jember karena masih dalam masa pandemi Covid-19

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Sebuah kebanggaan bagi Febriana Dwipuji Kusuma, karena bisa bergabung bersama Pelatnas PBSI hingga sekarang. Tahun ini, pebulu tangkis asal Jember ini sudah menjadi bagian dari tim Pelatnas PBSI senior di Cipayung, Jakarta.

Apalagi Ana, sapaan akrabnya, sudah menjadi pebulu tangkis junior andalan Indonesia dalam kejuaraan dunia tahun-tahun lalu. Kini, perempuan kelahiran 19 Februari 2001 ini naik level di pelatnas senior.

Bergabung bersama pelatnas, apalagi di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan dia bersama rekan-rekannya yang lain tetap berada di asrama. Apalagi selama masa pandemi Covid-19, Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menerapkan karantina mandiri secara tertutup bagi para atletnya sejak Maret lalu.

Para pebulu tangkis yang tergabung di Pelatnas PBSI diharuskan tetap menjaga diri di dalam asrama. Bahkan beberapa bulan lalu para atlet, ofisial, dan pelatih sudah dua kali menjalani rapid test. Hasilnya, tidak ada yang reaktif. Termasuk Ana.

Karena pandemi ini pula, pada momen Lebaran tahun ini Ana terpaksa tidak bisa pulang kampung ke Jember. Sebenarnya PP PBSI sedikit memberikan kelonggaran kebijakan bagi para atlet. Yakni, orang tua ataupun keluarga atlet bisa mengunjungi mereka di asrama. Meski begitu, jam kunjungannya pun dibatasi. “Tapi orang tua tetap di Jember tidak bisa ke Jakarta karena ada PSBB dan larangan bepergian,” kata Ana.

Salat Idul Fitri pun harus mereka gelar di lobi depan asrama dengan mengutamakan physical distancing. Bagi pebulu tangkis yang bermain di sektor ganda putri ini, pengalaman ini menjadi Lebaran pertama kalinya di asrama pelatnas.

Namun, sebagai pelipur lara, tentu komunikasi dengan kedua orang tuanya di Jember tetap berjalan dengan video call. Sementara itu, dirinya juga membuat kue Lebaran di asrama. “Kalau di asrama selama momen Lebaran kemarin, saya sama teman-teman sering bikin kue, Bikin kue bolu milo,” terang putri pasangan Didik Tripuji dan Ngatodah tersebut.

Selain masak-masak bersama, keseruan Ana selama libur Lebaran adalah bermain online game. “Sama bikin turnamen PUBG gitu,” imbuhnya, sembari tertawa.

Dirinya bersyukur tetap bisa melaksanakan ibadah puasa di tengah wabah virus korona. “Alhamdulilah full. Kalau salat Tarawih biasanya di kamar saja,” kata dia.

Beberapa pebulu tangkis senior juga menikmati momen Lebaran di asrama. Seperti ganda putra andalan Indonesia, yakni Muhammad Rian Ardianto dan Fajar Alfian. Ataupun pebulu tangkis ganda campuran yang baru saja menjuarai All England 2020, yaitu Melati Daeva Oktavianti.

Sementara itu, aktivitas latihan aktif pun mulai digelar lagi tanggal 26 Mei lalu. PP PBSI tidak memberikan jatah libur terlalu lama bagi atletnya.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Muchammad Ainul Budi
Fotografer: Istimewa