Isi Liburan dengan Permainan Edukatif

BANGUN KREATIVITAS ANAK: Puluhan anak-anak saat mengisi waktu liburan mereka. Tak sekadar untuk bersenang-senang, mereka juga bermain sambil tetap belajar. 

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Dunia anak kecil adalah bermain. Mereka bisa menghabiskan waktu cukup lama untuk bermain bersama teman sebayanya. Apalagi saat liburan tiba, mereka selalu punya cara untuk mengisi waktu.

IKLAN

Tak sekadar bermain dan bersenang, libur pergantian tahun menjadi kesempatan anak-anak untuk bermain sambil belajar. Seperti yang dilakukan oleh anak-anak di Dusun Limbungsari, Desa Ajung, Kecamatan Ajung. Mereka cukup inspiratif dalam mengisi waktu libur sekolah. Yakni dengan permainan edukatif. Mulai dari permainan tradisional, belajar bersama komunitas hewan, komunitas belajar, dan lainnya.

“Belajarnya anak-anak seperti mereka memang perlu sambil bermain,” kata Abdul adzim, Ketua Komunitas Belajar Anak Goebuk Pustaka Ndalung Ajung. Menurut dia, anak-anak tersebut tak sekedar bermain, mereka juga diajarkan berbagai pengetahuan dari komunitas yang didatangkan.

“Mereka bisa mendapat banyak pengetahuan,” imbuhnya. Musim libur panjang pergantian tahun ini menjadi kesempatan anak-anak untuk memotivasi diri mereka masing-masing.

“Usia anak-anak harus berani bermimpi, jangan biarkan mereka takut bermimpi untuk masa depannya,” ungkap Adzim. Komunitas yang didirikannya menggelar festival liburan dengan melibatkan puluhan anak-anak dari berbagai dusun di sekitar desa.

Meskipun agenda tersebut dikemas sederhana, Adzim dan sejumlah relawan ingin agar masa depan anak-anak di desanya bisa lebih baik. “Tentu yang bisa mewujudkan mimpi-mimpi itu adalah mereka sendiri. Tugas orang tua seperti kita adalah bagaimana menjaga mereka tetap berani bermimpi dan mendorong mimpi itu terwujud,” tandasnya.

Reporter : Maulana

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi