Yang Sibuk Malah Emak-Emak

Daftar Ulang PPDB SMP Negeri, Kemarin

DEMI ANAK: Seorang ibu mengisi form daftar ulang masuk sekolah, sementara sang anak hanya menunggu. Seperti inilah nuansa daftar ulang PPDB SMP negeri, dengan zonasi di SMP Negeri 7 Jember, kemarin.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Suasana berbeda tampak saat dimulainya daftar ulang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN Zonasi, kemarin. Di berbagai sekolah, rata-rata justru yang paling sibuk adalah kalangan emak-emak.

IKLAN

Di SMPN 7 Jember misalnya. Di berbagai sudut ruang pendaftaran, para ibu sibuk mengisi format formulir isian. Sementara sang anak yang akan sekolah justru asyik bermain menunggu ‘hasil kerja’ ibunya. Suasana seperti itu tampak saat masa pendaftaran, baik melalui jalur prestasi maupun zonasi.

Proses daftar ulang itu tetap memberlakukan protokol kesehatan. Panitia harus menggunakan masker, tiap orang tua yang mendampingi anaknya juga bermasker. Serta cuci tangan sebelum masuk ke GOR Stuju, lokasi pendaftaran. “Sebelum masuk untuk daftar ulang, ada lima titik tempat cuci tangan,” kata Mainunah, wali murid asal Jalan Manggar, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang.

Wanita paruh baya ini terpaksa mendampingi anaknya yang diterima di sekolah tersebut, karena suaminya bekerja. “Siapa lagi kalau bukan saya. Ayahnya tidak ada di rumah,” tuturnya.

Hal serupa juga dilakukan Mahmuda, 36, warga Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang. Dia juga sibuk mengisi isian, sementara anaknya hanya ‘melongo’ melihat ibunya. ”Ayahnya (suami Mahmuda, Red) tidak bisa ikut, karena tidak bisa menulis,” ujarnya polos.

Di SMPN 7 Jember, dari jumlah pagu 182 siswa yang mendaftar, 164 baru melakukan pendaftaran ulang. ”Sehingga masih kurang 18 siswa saja, yang diterima dengan sistem zonasi,” ujar Tulus Wijayanto, salah satu guru SMPN 7 Jember.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Hadi Sumarsono