Jember Independent Crush Gear Community (Jerico)

Hobi Seru, Karena Bisa Ancur-ancuran

TAK KENAL USIA: Penggemar mainan Crush Gear tak mengenal usia. Pria dewasa pun masih banyak menggemari mobil petarung ini.

Ada Aturan Main

IKLAN

SIAPA sangka, mainan macam crush gear ini punya regulasi tersendiri. Ya, aturan itu dibuat untuk turnamen resmi. Dan sudah diterapkan oleh semua komunitas crush gear di berbagai daerah.

Mulai dari kategori, berat mobil, aturan setiap ronde, bahkan sampai mobil hakim garis. Secara umum, ada tiga kategori yang biasa dipertandingkan dalam turnamen. Yakni standart box, custom, dan free for all.

Dalam setiap kategorinya itu, bobot CG juga ada batasanya. Paling ringan 150 gram, dan maksimal berat 200 gram. “Secara teknis kita harus menyesuaikan semuanya dengan aturan yang berlaku. Sampai mengikuti teori fisika dan gaya,” jelas Aldhi, salah satu pegiat Crush Gear.

Selain itu, basic rule yang dipakai oleh Jerico, diterapkan di turnamen nasional. “Aturan kami banyak diadaptasikan oleh regional lain,” ujar Zyco, ketum Jerico.

Waktu tiap pertandingan pun dibatasi. Satu pertandingan dua mobil yang beradu ada tiga ronde. Tiap rondenya dibatas dua menit. Apabila skor seri 1-1. Ronde ketiga dimainkanlah si Jammer. CG yang dirancang khusus menjadi sang pengadil. Atau biasa disebut hakim garis. Yang tugasnya, menabrak salah satu mobil keluar arena. Dan yang keluar itulah harus kalah.

“Setiap kategorinya itu juga dimainkan di arena yang berbeda. Bentuk arena dan luasnya pun beda-beda,” jelas Zyco.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi, Tri Joko

Editor : Hadi Sumarsono