PLt Kepsek Menunggu Didefinitifkan

"Kepala sekolah untuk tahun ini akan didanai APBD untuk mengikuti Diklat Cakep, yaitu diklat khusus untuk calon kepala sekolah agar mereka bisa didefinitifkan."dr Faida MMR, Bupati Jember

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pentingnya keberadaan kepala sekolah menjadi sangat besar, terutama saat momen-momen menjelang kelulusan siswa seperti saat ini. Di mana para siswa membutuhkan legalitas ijazah mereka. Namun realitanya, masih ada beberapa kepala sekolah yang masih berstatus pelaksana tugas atau Plt.

IKLAN

Hal itu juga dibenarkan oleh Bupati Jember dr Faida MMR. Menurutnya, regenerasi kepala sekolah di Jember memang diakuinya terlambat, baik kepsek yang ada di SD maupun di SMP. Sebab, untuk menyiapkan SDM kepala sekolah dibutuhkan tak cukup jika hanya dengan waktu enam bulan saja.

Oleh karenanya, dalam waktu dekat Faida berencana akan menggelar pelatihan khusus untuk calon kepala sekolah definitif. “Kepala sekolah untuk tahun ini akan didanai APBD untuk mengikuti Diklat Cakep, yaitu diklat khusus untuk calon kepala sekolah agar mereka bisa didefinitifkan,” jelas Faida.

Wacana itu sempat disampaikan Faida, usai menghadiri Kongres Guru dan Kepala Sekolah pada Maret lalu di Aula PB Soedirman. Menurutnya, sebenarnya di Jember sendiri ada kepala sekolah yang memenuhi syarat, baik secara pangkat dan golongan maupun kualifikasi, namun mereka belum mendapat peluang. “Nanti kita juga seleksi wawancara untuk memastikan mereka minat atau tidak. Dan yang lulus akan ikut Diklat Cakep itu,” tambahnya.

Meskipun begitu, Faida tidak merinci pasti mengenai kapan wacana tersebut digulirkan, berapa jumlah Plt kepala sekolah, dan berapa besaran biaya yang akan digunakan. Namun, jika mengingat kondisi saat pandemi Covid-19 saat ini dan pos APBD Jember yang ada, mimpi Plt kepala sekolah untuk bisa definitif tampaknya harus lebih bersabar lagi.

Reporter : Maulana

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti