Minimalisasi Dampak Korona, Kejari Jember Beri Bantuan Warga Sekitar

BERIKAN BANTUAN DANA: Kajari Jember Prima Idwan Mariza memberikan langsung bantuan dana kepada warga sekitar kantor kejaksaan setempat. Mereka yang mendapatkan bantuan adalah warga yang terdampak pandemi virus korona.

SUMBERSARI.RADARJEMBER.ID – Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember memberikan bantuan kepada warga sekitar kantor kejaksaan setempat yang terdampak pandemi virus korona, Rabu (1/4). Bantuan tersebut berupa uang tunai untuk beberapa warga yang dinilai sangat terdampak, karena berkaitan dengan keberlangsungan pekerjaan dan kehidupan mereka sehari-hari.

IKLAN

Pemberian bantuan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jember Prima Idwan Mariza. Selain itu, Kajari juga didampingi Kepala Seksi Intelijen Agus Budiarto, Kasubagbin Herman Nurahman, dan beberapa jaksa serta pegawai. Pemberian ini langsung menyasar rumah-rumah warga yang sebelumnya sudah di data oleh Kejari Jember. Para penerima memang layak mendapat bantuan tersebut.

BANTUAN UNTUK HONORER: Kejari Jember juga memberikan bantuan ke beberapa pegawai yang berstatus honorer. Ini guna mengatasi dampak Covid-19.

Menurut Prima, bantuan ini disisihkan dari kantong pribadi keluarga besar Kejari Jember. Dari gaji hingga uang sukarela. “Kami berniat menyisihkan sebagian penghasilan dari seluruh pegawai. Mulai dari jaksa maupun tata usaha,” ungkapnya.

Bantuan itu diberikan, karena Kejari Jember tergerak dengan situasi dan kondisi wabah Covid-19 yang semakin tinggi. Terlebih pandemi ini berdampak pada perekonomian warga. Untuk itu, pihaknya berharap, bantuan tersebut dapat meringankan beban warga.

Lebih lanjut, Prima mengaku, dengan bantuan itu masyarakat tidak sendiri dalam menghadapi situasi seperti sekarang ini. “Kejari Jember selama ini juga berinteraksi kepada warga sekitar sekeliling kantor. Dengan begitu kami ingin memberikan bantuan ini kepada mereka yang membutuhkan,” imbuhnya.

Selain memberikan bantuan dana kepada warga sekitar, Kejari Jember juga memberikan bantuan kepada pegawai honorer. Sebab, mereka juga sama-sama merasakan dampak pandemi korona ini. “Tentunya terima kasih atas bantuannya. Dengan situasi seperti ini tentu sangat berpengaruh,” tutur Alif, salah seorang pegawai honorer Kejari Jember yang mendapat bantuan tersebut.

Selain Alif, salah seorang warga yang kediamannya berada di lingkungan belakang kantor Kejari Jember juga menyatakan berterima kasih atas bantuan yang diberikan Kejari Jember kepada dirinya beserta keluarga.

“Alhamdulilah atas bantuan ini. Ya sangat membantu sekali. Apalagi rumah saya ini masih belum jadi,” tutur Lailatin, pria yang sehari-hari bekerja menjadi tukang becak motor ini. Dia mengaku, penghasilannya terhenti karena dirinya belum dapat bekerja secara normal tidak boleh keluar rumah.

Sebelum wabah korona ini, Kejari Jember memiliki kegiatan rutin setiap Jumat. Yaitu Jumat Berbagi. Kegiatan itu berupa pembagian nasi bungkus gratis kepada pengendara. Menurut Prima, dana pemberian nasi bungkus gratis tersebut hasil dari uang sukarela seluruh pegawai yang terkumpul pada kegiatan setiap doa pagi. “Karena situasi sekarang ini tidak boleh berkumpul, jadi kegiatan Jumat Pagi itu kami alihkan,” tandasnya. (kl)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Mahrus Sholih