PAN Belum Serahkan LHKPN

Ketua KPU Bondowoso, Junaidi

BONDOWOSO RADARJEMBER.ID – KPU Bondowoso telah menetapkan hasil Pemilu DPRD Kabupaten, Selasa kemarin. Tersisa satu tahapan pemilu lagi dibawah kewenangan KPU. Yakni penyerahan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Di Bondowoso, hanya PAN yang belum menyerahkan.

IKLAN

Pemilu kali ini, LHKPN menjadi syarat wajib bagi caleg terpilih untuk bisa dilantik. “Jika tidak dilakukan, maka tidak akan dilantik. Pelaporan dilakukan ke KPK,” ungkap Junaidi, Ketua KPU Bondowoso.

Penyerahannya bisa secara perorangan atau diwakilkan secara kolektif oleh partai. Batas waktu yang diberikan, sesuai aturan KPU adalah satu minggu setelah penetapan. “Penetapan Selasa kemarin, maka batas penyerahan Selasa pekan depan. Pad 29 Juli 2019,” tegas Junaidi.

Dia menegaskan, tersisa satu parpol yang belum menyerahkan. “Yang belum menyerahkan hanya Partai Amanat Nasional (PAN). Kalau partai yang lainnya sudah semua,” jelasnya.
Dalam penetapannya, partai yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD Bondowoso adalah PKB dengan 14 kursi. Disusul PDIP dengan 7 kursi. Golkar dan PPP (6 kursi), PKS (5 kursi), Gerindra (4 kursi), Demokrat (2 kursi) dan PAN hanya 1 kursi.

Reporter : Adi Faizin

Fotografer : Istimewa

Editor : Hafid Asnan