Bupati Amin Lantik Tiga Direktur BUMD

Sholikhul Huda/Radar Ijen PENETAPAN DIREKSI: Bupati Amin Said Husni saat memberi sambutan dalam pelantikan direksi BUMD Bondowoso.

RADARJEMBER.ID- Bupati Amin Said Husni melantik tiga direktur untuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bondowoso Gemilang. Namun, sampai kini Bupati Amin belum menemukan direktur utamanya. Sebenarnya, pemkab membuka pendaftaran secara bersamaan. Untuk pendaftar jabatan dirut belum ada yang memenuhi kriteria.

IKLAN

Pantauan radarjember.id, tiga direktur yang dilantik adalah Direktur Pemasaran yang dipercayakan kepada Surya Kodrat Ashaddiqqi. Dia adalah pria kelahiran Bondowoso yang sebelumnya berkarier di direksi bank swasta.

Kedua adalah Direktur Produksi Rudi Hartoyo. Pria kelahiran Banyuwangi ini sebelumnya berkiprah di pemasaran produk pertanian. Ketiga adalah Direktur Administrasi dan Umum yang dipercayakan kepada Renny Anggraeni Zanata. Renny merupakan perempuan kelahiran Bondowoso yang sebelumnya berkiprah di salah satu perusahaan di Bali.

Bupati Amin Said Husni mengatakan, BUMD yang didirikan Pemkab Bondowoso ini akan mengelola kekayaan daerah untuk dikembangkan menjadi pertumbuhan kekayaan baru bagi daerah yang diorientasikan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat. Objek bisnisnya adalah agribisnis yang akan mengelola kopi sebagai salah satu produk unggulan. “Di samping itu, usaha di bidang peternakan dan lain-lain sesuai dengan bidang yang sudah ditentukan oleh perda yang mengatur hal ini,” tegasnya.

Dijelaskan, Kopi merupakan salah satu garapan BUMD nantinya. Dalam bisnis kopi, BUMD tidak akan mengambil peran hulu atau hilir. Namun di tengah-tengah. Yakni di bagian pemrosesannya. “Harapannya, kopi sebagai produk unggulan Bondowoso bisa keluar tidak dalam bentuk bahan baku mentah, melainkan dalam bentuk bahan yang bisa diproses yang nilai tambahnya bisa dinikmati oleh masyarakat Bondowoso,” tegasnya.

Mengenai belum ditentukannya direktur utama, Amin menjelaskan, posisi tersebut masih kosong karena tidak ada pendaftar yang memiliki kriteria yang dimaksud. Memang proses seleksi dan rekrutmen yang dilakukan masih memerlukan SDM yang lebih mumpuni. “Kami mencari orang-orang yang ditempatkan di jajaran direksi, utamanya direktur, adalah profesional yang betul-betul mumpuni,” tegasnya.

Penetapan tiga direktur ini sudah mencukupi syarat untuk berdirinya perusahaan. Oleh karenanya, perusahaan sudah bisa berjalan. Sebab, sifatnya adalah kolektif. Jadi, dirut itu bukan kemudian menentukan segalanya. “Ketiga dewan direksi yang dilantik ini nanti secara kolektif akan melakukan tugas awal. Ini juga masih proses awal, proses pembentukan badan hukumnya,” ujarnya.

Reporter & Fotografer: Sholikhul Huda
Editor : Narto
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah.

Reporter :

Fotografer :

Editor :