Di Bawah Guyuran Hujan Obor Asian Games Terus Menyala

Sholikhul Huda/Radar Ijen API ASIAN GAMES: Setelah menunggu sekitar tiga jam, akhirnya masyarakat Bondowoso bisa menyaksikan langsung api Asian Games 2018 yang melintas di Bondowoso.

RADARJEMBER.ID– Pemkab Bondowoso membuat perayaan yang meriah untuk menyambut Torch Relay Asian Games 2018. Namun torch relay itu sempat delay. Masyarakat dan Forpimda Bondowoso dibuat menunggu selama kurang lebih tiga jam lamanya. Sedianya pukul 15.00 Torch Relay atau obor itu hadir di Bondowoso. Namun baru hadir saat Magrib sekitar pukul 17.30.

IKLAN

Karena berbarengan dengan azan Magrib, upacara penyambutan obor dilakukan setelah salat Magrib. Namun antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk melihat upacara penyambutan obor tersebut. Hal ini tampak dengan adanya kerumunan masyarakat yang tetap setia menanti obor Asian Games yang tetap menyala walau guyuran hujan yang lumayan deras menerpa mereka.

Pantauan Jawa Pos Radar Ijen, obor itu dikawal pejabat dari Mabes Polri dan Wadirlantas Polda Jatim. Di Bondowoso, obor itu disambut forpimda yang terdiri dari Wakil Bupati KL Salwa Arifin, Plt Sekda Karna Suswandi, Kapolres AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Dandim 0822 Letkol Inf Tarmuji, Kajari Taufik Hidayat dan berbagai pejabat lainnya.

Selain itu, kesenian tradisional Bondowoso Singo Ulung melengkapi penyambutan tersebut. Sebelumnya, sembari menanti ada pertunjukkan atraksi sepeda dan juga atraksi tari Ojung khas Bondowoso menjadi hiburan masyarakat. Begitu diterima, selanjutnya obor tersebut diarak menuju Paltuding, Kecamatan Ijen Bondowoso. Sebab rute selanjutnya adalah Banyuwangi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Salwa Arifin mengatakan, panitia Indonesian Asian Games Organizing Committee (INASGOC) yang menjadi panitia Asian Games 2018 menganggap spesial Bondowoso. Sebab itu, obor tersebut dilewatkan di Bondowoso. “Ini merupakan suatu kehormatan dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh masyarakat Bondowoso, karena Bondowoso telah menjadi salah satu kota yang dilewati oleh kirab obor Asian Games 2018,” ujar di Paseban Alun-Alun RBA KI Ronggo, Sabtu (21/7).

Orang yang akan menggantikan Bupati Amin Said Husni ini mengungkapkan kebanggaannya terhadap bangsa Indonesia. Sebab, telah kembali dipercayai menjadi tuan rumah Asian Games. Karenanya, pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk turut mendukung serta mensukseskan asian games 2018. “Sebagai kepala daerah dan masyarakat kami merasa bangga karena setelah kurang lebih 56 tahun akhirnya indonesia dipercaya kembali menjadi tuan rumah. Mari kita dukung dan menyukseskan ajang Asian Games 2018,” jelasnya.

Sementara Kapolres Bondowoso AKBP Taufik Herdiansyah mengatakan, bagi Bondowoso kedatangan obor tersebut merupakan kesempatan yang berharga. Sebab hanya diberikan 54 kota/kabupaten dari 608 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. “Jadi ini menjadi harus memicu geliat olahraga di Bondowoso, untuk lebih memajukan prestasi olahraga,” tegasnya.

Hal senada diungkap Plt Sekda Karna Suswandi. Dia menjelaskan, semangat Asian Games harus sampai ke Bondowoso. Dalam hal ini, pemkab bersama masyarakat Bondowoso berdoa agar atlet Indonesia bisa banyak menorehkan prestasi demi mengharumkan nama baik bangsa di kancah internasional. “Kami atas nama masyarakat berharap agar pelaksanaan Asian Games 2018 dapat berjalan lancar aman dan sukses tanpa ada halangan apa pun. Dan kita berharap para atlet Indonesia bisa menorehkan banyak meraih prestasi di asian games 2018 ini,” jelasnya.

Reporter : Sholikhul Huda
Editor : Narto
Fotografer : Sholikhul Huda
Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :