PABBSI Hanya kirim Binaraga dalam Porprov VI

Muh Farhan, pengurus PABBSI Bondowoso yang juga pelatih binaraga.

BONDOWOSO RADARJEMBER.ID – KONI Bondowoso memberangkatkan beberapa cabor yang baru berdiri di Bondowoso, ke ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jatim tahun 2019 ini. Salah satunya adalah cabang olahraga Binaraga yang berada di bawah organisasi Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI).

IKLAN

“PABBSI sebenarnya membawahi tiga cabang olahraga. Tapi sementara ini kita baru mengikuti di binaraga, yang angkat besi dan angkat berat belum ikut,” ujar Muh Farhan, salah satu pelatih dan pengurus PABBSI Bondowoso.

Dalam cabor Binaraga, Bondowoso mengikuti di dua nomor, yakni 60 kilogram dan 61 kilogram. Lokasinya berada di FOR Serbaguna Bojonegoro. Sekedar informasi, untuk pertama kalinya, dalam Porprov kali ini diselenggarakan di empat kota/kabupaten sekaligus. Yakni Lamongan, Gresik, Bojonegoro dan Tuban. “Khusus untuk binaraga, regulasinya dalam Porprov kali ini adalah di bawah 21 tahun atau U-21. Sedangkan cabor lain adalah U-23,” ujar Farhan.

Adanya semacam pengecualian untuk cabor Binaraga dalam hal batas usia, karena hal teknis. “Karena binaraga itu badan baru bisa di bentuk pada usia remaja, dan membutuhkan waktu beberapa tahun. Tidak bisa singkat,” papar Farhan.

Dibanding sebelumnya, kali ini dilakukan pengetatan dalam regulasi. Tujuannya untuk mencegah pelanggaran seperti pencurian umur. “Kemarin infonya ada yang ketahuan, usia 30 di mark-up jadi usia 20. Makanya sekarang lebih ketat,” papar Farhan.

Dengan adanya regulasi seperti ini, Farhan mengaku cukup optimis. Sebab Bondowoso bisa dibilang pendatang baru. Cabor PABBSI baru terbentuk di Bondowosi pada awal tahun ini. “Jadi startnya sama-sama. Alhamdululiilah kita juga dapat dukungan nutrisi dari KONI Bondowoso,” ungkap Farhan.

Seperti diketahui, Porprov kali ini digelar secara terpisah di empat kota secara terpisah dan serentak. Yakni Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro. Namun dari 40 cabor yang digelar, Bondowoso hanya mengirimkan atletnya di 19 cabor.

Reporter : Adi Faizin

Fotografer : Adi Faizin

Editor : Hafid Asnan