Masuk, Suhu Tubuh Diperiksa 

DIPERIKSA: Setiap masyarakat yang masuk ke Polres Bondowoso diperiksa suhu tubuhnya. Hal ini sebagai upaya antisipasi Covid-19.

DIPERIKSA: Setiap masyarakat yang masuk ke Polres Bondowoso diperiksa suhu tubuhnya. Hal ini sebagai upaya antisipasi Covid-19.

BONDOWOSO, RADARJEMBER.ID – Beberapa instansi saat ini menerapkan pemeriksaan suhu tubuh. Termasuk Polres Bondowoso. Setiap orang yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat, maka disarankan untuk ke puskesmas terdekat.

IKLAN

Petugas penjaga pintu masuk polres, Bripka Koento Wijaya mengatakan, setiap orang yang masuk ke Polres Bondowoso harus diperiksa. Hal ini sebagai prosedur baru. Untuk mengantisipasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). “Jika suhu tubuhnya di atas 37 derajat, langsung tidak kami perbolehkan masuk,” jelasnya.

Namun, dari seluruh yang diperiksa, pihak penjagaan masih belum menemukan suhu yang di atas rata-rata. Artinya, semua masyarakat normal. Namun, prosedur itu tetap harus dilaksanakan. Sebagai bentuk dukungan percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz mengatakan, pemeriksaan suhu tubuh adalah salah satu bentuk antisipasi. Sebab, salah satu tanda-tanda seseorang terkena Covid-19 adalah suhu tubuhnya meningkat. Artinya, gejala awal menjadi salah satu penyaringan awal yang bisa dilakukan. “Jika seseorang panas, kami arahkan ke petugas kesehatan untuk diperiksa,” jelasnya.

Memang suhu tubuh yang panas tidak selalu karena Covid-19. Namun, ciri-ciri tersebut menjadi langkah deteksi awal yang bisa dilakukan. Tak hanya untuk Polres Bondowoso, melainkan bisa dilakukan di instansi lain.

Pantauan Jawa Pos Radar Ijen, RSD Koesnadi menjadi instansi yang juga menerapkan hal yang sama. Selain deteksi tubuh, beberapa instansi juga menyiapkan hand sanitizer. Juga sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Namun, sampai berita ini diturunkan, pemkab secara tegas menyebut belum ada warga Bondowoso yang terjangkit Covid-19.

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor : Hafid Asnan