Separuh Jamaah Haji Lulusan SD

Didominasi Profesi Petani dan Swasta

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Jangan sok-sok an bagi penyandang gelar sar jana. Pun juga pada pengusaha. Sebab, dalam urusan men jalankan ibadah haji, masih kalah jauh dengan jumlah lulusan SD. Tahun ini lebih ekstrem. Jumlah petani yang berangkat juga lebih dominan.

IKLAN

Kemarin, sebanyak 1.023 calon jamaah haji (CJH) dilepas di Pendapa Arya Wiraraja Lu-majang. Bupati Thoriqul Haq melakukan pelepasan terhadap. Bupati banyak berpesan agar seluruh jamaah tetap taat aturan.

Dibalik semua itu, ada hal yang tergolong mencengangkan. Diketahui, bahwa setidaknya ada 510 orang yang berasal dari Lulusan SD. Yang menurut rencana diberangkatkan 15 Juli 2019 nanti. Memang untuk berangkat ke Makkah membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun rupa-nya itu bukan menjadi penghalang bagi orang yang sudah memantapkan niatnya. Buktinya, lulusan SD paling banyak yang akan berangkat ke Tanah Suci.

Selain itu, petani juga mendominasi jumlah jamaah yang berangkat tahun ini. Ada sebanyak 319 jamaah dari unsur petani. Dengan prosentase men-capai 28,3 persen. Disusul urutan kedua terbanyak adalah profesi swasta sebanyak 290 orang atau 25,8 persen.

Reporter : mg2

Fotografer :

Editor : Hafid Asnan