Nasdem dan Demokrat Menggugat di MK

KPU Serahkan 93 Bukti

DATA: Petugas KPU Bondowoso sibuk mempersiapkan data yang diajukan ke MK sebagai barang bukti menjawab gugatan pemohon.

BONDOWOSO RADARJEMBER.ID – Sidang per dana sengketa pileg digelar Mah kamah Konstitusi kemarin. Ada dua partai pemohon yang menyentil Bondowoso. Namun tidak untuk pemilu DPRD Kabupaten. Melainkan untuk DPRD Provinsi dan DPR RI.

IKLAN

Dua partai menjadi pemohon perkara sengketa pemilu dengan locus delikti Bondowoso.Divisi Hukum Bawaslu Bon-dowoso Fricas Abdillah menga-takan, dua partai itu adalah Nasdem dan Demokrat. Nasdem memohon sengketa untuk Dapil 4 Provinsi Jatim di 16 kecamatan.

Sedangkan partai Demokrat pada DPR RI di 19 kecamatan. “Kami menyiapkan alat bukti berupa form C1 dan DAA. Total ada 93 alat bukti,” jelasnya.Untuk menyiapkan berkas itu, KPU Bondowoso membuka gudang. Mereka mencari TPS yang dimaksud dalam gugatan.

Berikutnya berbagai dokumen yang dibutuhkan diambil untuk dikirim ke Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta.Untuk sidang pertama, dari Ba-waslu, Frikas Ab dillah yang be rangkat ke MK di Jakarta. Begitu juga dua ko-misioner KPU Heniwati dan Ami rudin Makruf ikut ke Jakarta.

Bahkan KPU mengerahkan personil nya untuk mem persiapkan data-data yang dibutuhkan dalam gugatan tersebut. Dijelaskan, pada sidang per tama, hakim belum menyentuh Bon-dowoso.

Dalam hal sengketa pemilu ini, pemohon adalah partai dan termohonnya adalah KPU Bondowoso. Pada 15 Juli 2019, para ter-mohon di Jawa Timur akan ke MK lagi. Sebab jadwal sidang saat itu jawaban termohon untuk Perkara Hasil Pemilu (PHPU) Jawa Timur. “Untuk Bawaslu, diwakili provinsi,” tegasnya.

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor : Hafid Asnan