Semprot Desinfektan Pondok Pesantren

Gusus Tugas Penanganan Covid-19 Bondowoso Ikut  Sambut Santri

Gusus Tugas Penanganan Covid-19 Bondowoso Ikut  Sambut Santri

BONDOWOSO, RADARJEMBER.ID – Setelah Idul Fitri 1441 H, Gusus Tugas Penanganan Covid-19 Bondowoso dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ikut aktif menyambut santri yang datang di sejumlah pondok pesantren (ponpes). Penyambutannya dengan penyemprotan desinfektan di area pondok yang akan ditempati parasantri.

IKLAN

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bondowoso dari BPBD sudah melakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah ponpes. Salah satunya Ponpes Miftahul Ulum Kecamatan Wonosari. Penyemprotan desinfektan ke seluruh fasilitas ponpes dilakukan terutama di tempat-tempat yang dipakai santri.

Ketua Pelaksana  BPBD Bondowoso Kukuh Triatmoko mengatakan, penyemprotan juga dilakukan pada beberapa fasilitas umum. Juga memberikan support berupa masker dan desinfektan di Kampung Tangguh, Desa Cindogo, Kecamatan Tapen.

Penyemprotan cairan desinfektan dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di kalangan santri. “Penyemprotan desinfektan di pondok pesantren sudah dilakukan. Salah satunya di Ponpes Miftahul Ulum, Desa Tumpeng, Kecamatan Wonosari,” tutur Kukuh Triatmoko kepada JawaPosRadarIjen.

Bahkan Gusus Tugas Penanganan Covid-19 Bondowoso dari BPBD sudah memiliki jadwal penyemprotan desinfektan di sejumlah ponpes di Kecamatan Grujugan. Antara lain Jumat di PonpesBustanul Ulum Pekauman, Minggu di Ponpes Nurul Islam, Miftahul Ulum dan Ponpes Nurul Huda di Desa Grujugan Kidul, Sabtu di Ponpes Al Farouq Desa Taman serta Ponpes Al Ishlah dan Ponpes Nurul Hasan Desa Dadapan.

Kukuh menjelaskan, semua bagian pesantren disemprot disinfektan, mulai dari asrama, ruang mengaji, halaman, pegangan tangga, dan berbagai fasilitas pesantren lainnya. Dia berharap penyemprotan tersebut diharapkan mampu memberikan edukasi sehingga santri dan masyarakat di sekeliling pesantren nantinya bisa melaksanakan penyemprotan sendiri. “Jadi, nantinya mereka bisa melakukan penyemprotan disinfektan ini berulang-ulang, secara mandiri,” harapnya.

Tim Gusus Tugas Penanganan Covid-19 Bondowoso melayani penyemprotan desinfektan sesuai permintaan dan berdasarkan petunjuk Bupati Bondowoso selaku Ketua Gugus Tugas Pananganan Covid-19. Selain penyemprotan disinfektan, juga akan dilakukan rapidtest oleh Dinas Kesehatan kepada santri. “Jadi, sebelum mereka masuk ponpes dilakukan penyemprotan dulu, lalu dilanjutkan dengan rapidtest,” pungkasnya.

Bahkan, kemarin Gusus Tugas Penanganan Covid-19 Bondowoso  melakukan penyemprotan bersamaan tim Dinas Kesehatan di gedung pabrik rokok Sampoerna.

Reporter : Narto

Fotografer : Istimewa

Editor :