Penumpang Pesawat Turun Drastis, Diprediksi Mulai Ramai Kembali di H-7 Lebaran

TREN MENURUN: Pertengahan Ramadan, jumlah penumpang mengalami kecenderungan menurun. Namun beberapa hari menjelang lebaran, tiket pesawat dari Jember – Surabaya, sudah terjual habis. Untuk Garuda, tanggal 18, 19, dan 20 Juni sudah full booked.

AJUNG – Belakangan ini, penumpang dua pesawat di Jember sepi tak karuan. Bahkan saking sepinya, satu pesawat hanya ditumpangi 15 orang. Tentu, ini berbanding terbalik dengan hari-hari sebelumnya.

IKLAN

Kepala Bandara Notohadinegoro Jember Edi Purnomo mengakui, penerbangan Wings Air Jember – Surabaya Rabu (30/5) kemarin hanya diisi 15 penumpang. Padahal, pesawat ATR 72-500/600 memiliki kapasitas penumpang hingga 78 kusrsi. “Tapi penumpang yang dari Surabaya lebih banyak, ada 29 orang,” ungkapnya.

Sedangkan untuk pesawat milik Garuda Indonesia, diakuinya juga tak beda jauh dengan Wings Air. Meski pun jumlah penumpang keberangkatan sedikit lebih banyak, yakni 21 orang. Sedangkan penumpang yang datang dari Surabaya, ada 66 orang.

Diakui Edi, sejatinya tak ada perubahan harga tiket. Seperti Wings Air menjual tiket sekitar Rp 381 ribu. Sedangkan Garuda Indonesia, jauh lebih mahal dengan harga Rp 680 ribu.

Rupanya, kondisi demikian tidak hanya terjadi di Jember. Bahkan, kata informasi yang diterima Edi, Bandara Blimbingsari di Banyuwangi sampai mengurangi jumlah penerbangan pesawat Garuda Indonesia Surabaya – Banyuwangi dari yang semula dua kali menjadi satu kali penerbangan.

Begitu juga dengan penerbangan di beberapa bandara kecil lainnya. Semua dikabarkan mengalami penurunan penumpang. “Jember masih bisa dibilang lumayan. Meski tren penurunannya sangat tebal,” katanya.

Kondisi demikian diprediksi akan membaik bahkan kembali normal di H-7 Lebaran. Seperti data penerbangan tahun-tahun sebelumnya, penumpang pesawat bakal mulai penuh di H-7 tersebut.

Tak hanya itu, informasi dari Garuda Indonesia, tiket pesawat dari Jember – Surabaya, sudah terjual habis di tanggal 18, 19, dan 20 Juni 2018. “Soal up date data tiket dari Wings Air, kami masih belum menerima,” akunya. Meski demikian, Edi tetap optimistis penerbangan akan kembali pulih. (rul/mgc/hdi)

Reporter :

Fotografer :

Editor :