Besok, Pengunjung Pantai Paseban Bakal Memuncak

KENCONG – Menjelang puncak libur Lebaran tahun ini, belasan ribu wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur terpantau memadati Pantai Paseban Kecamatan Kencong. Selain dari Jember, para wisatawan lokal ini juga berasal dari beberapa kabupaten terdekat, seperti Lumajang, Bondowoso dan Banyuwangi.

IKLAN

Menurut Camat Kencong, Susmiadi, jumlah kunjungan wisatawan di musim libur Lebaran tahun ini meningkat signifikan bila dibandingkan masa yang sama di tahun sebelumnya. Bahkan peningkatannya mencapai 100 persen. Jika tahun sebelumnya kunjungan setiap hari sekitar 4-6 ribu wisatawan, tahun ini jumlahnya tembus hingga 11 ribu lebih. “Prediksi kami, puncak kunjungan wisatawan akan terjadi besok (Minggu, Red), di akhir libur Lebaran,” ungkapnya, Sabtu (23/6).

Mantan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Pemkab Jember ini menjelaskan, tingginya jumlah kunjungan tersebut dipengaruhi beberapa faktor. Di antaranya adalah promosi wisata yang dilakukan oleh masyarakat sendiri melalui media sosial. Selain itu, tiket masuk murah yang hanya Rp 10 ribu per orang dewasa, juga menjadi daya tarik tersendiri. “Di sini anak-anak tidak dikenakan karcis,” terangnya.

Tingginya jumlah kunjungan wisata itu, Susmiadi menambahkan, menjadi salah satu peluang bagi pemerintah untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat. Sebab menurut dia, ramainya wisatawan juga menciptakan efek domino secara ekonomi yang dapat mengerek pendapatan masyarakat.

Bahkan, peluang itu juga memunculkan ide-ide kreatif dari sekelompok pemuda dengan menggelar stand sablon kaos di tempat yang bertema pantai. “Untuk itu, kedepan perlu ada upaya lebih serius dengan mendorong tumbuhnya kerajinan masyarakat lokal yang bisa menjadi oleh-oleh khas Pantai Paseban,” ucapnya.

Salah seorang wisatawan, Anis Roihatul Jannah, mengaku hampir setiap tahun dirinya bersama keluarga berkunjung ke Pantai Paseban. Karena wisatawan asal Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, ini memanfaatkan momen libur Lebaran tersebut tak hanya untuk berwisata, melainkan juga bersilaturahmi ke rumah saudaranya yang ada di Kecamatan Kencong. “Jadi setiap nglencer ke Kencong, kami juga selalu berkunjung ke sini. Rasanya kurang afdol kalau tidak mampir ke Paseban,” ujarnya.

Fotografer : Mahrus Solih

Reporter    : Mahrus Solih

Editor        : Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :