Suharyo, Ketua Muhammadiyah Nyaleg

SiUDAH BULAT : Suharyo (kanan) bersama bersama Ketua DPW PAN Jatim, Drs H Masfuk (kiri) beberapa waktu lalu sebelum mendaftarkan sebagai Bacaleg PAN

LUMAJANG RADARJEMBER.ID– Dalam Pemilu 2019 ini ternyata banyak kejutan nama-nama bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). Nama-nama baru yang merupakan orang penting dan petinggi ormas bermunculan. Diantaranya Suharyo AP, ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Lumajang. nyaleg di DPRD Jawa Timur dapil Lumajang-Jember.

IKLAN

Pencalonan Suharyo ini sejatinya banyak diperbicangkan. Mulai dari kalangan politisi, ormas islam dan juga kalangan pemerintahan. Jawa Pos Radar Semeru, sore kemarin berhasil mewawancarai disela-sela kesibukan lelaki yang akrab disapa ustad Haryo ini.
Sempat disapa dengan bergurau tentang pencalegannya, Suharyo langsung memberi penegasan. “Iya betul, saya nyaleg DPRD Propinsi Jatim Dapil 5 Lumajang- Jember lewat Partai Amanat Nasional (PAN),” ungkapnya. Dia juga mengirim fotonya bersama ketua DPW PAN Jatim Drs H Masfuk.
Ketua PDM Lumajang dua periode ini juga menjelaskan terkait munculnya pertanyaan statusnya sebagai ketua PDM. “Sekarang dibolehkan. Tidak masalah. Dan di Jatim banyak Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang nyaleg. Bahkan dua orang wakil Ketua PWM Jatim juga nyalon untuk DPD RI dan DPR RI,” terangnya.
Kalau periode lalu, tepatnya pemilu 2014, dia menuturkan ada surat edaran yang menyatakan ketua PDM tidak boleh merangkap sebagai pengurus partai politik. “Termasuk nyaleg. Tetapi sekarang surat edaran itu boleh diabaikan,” ungkapnya.
Artinya, ketua PDM, wakil ketua dan seterusnya diperbolehkan terjun ke gelanggan politik. boleh terjun ke dunia politik praktis. ”Berikutnya kalau mendapatkan amanah sebagai wakil rakyat, maka fungsinya sebagai ketua PDM dibicarakan lebih lanjut,” jelasnya.
Dengan kata lain, diserahkan kepada pimpinan yang lain. Tujuannya, agar lebih fokus dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah di Lumajang. (*)

Reporter : Hafid Asnan
Fotografer : Hafid Asnan
Editor : Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :