Supaya Tidak Dikorupsi, Papan Proyek Ditulisi Begini

TANGGUL- Transparansi menjadi prioritas pembangunan proyek negara. Tak terkecuali proyek pembangunan desa yang bersumber Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD). Supaya tambah mantab, ada cara transparan yang unik dilakukan kepala desa (Kades) Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul.

IKLAN

Kades Arifin Wahyuono, tak hanya memasang papan proyek dengan keterangan lengkap volume (ukuran) pembangunan, lokasi proyek dan total biaya. Melainkan juga menulis penegasan bahwa proyek tersebut tidak viktif apalagi sampai dikorupsi.

Supaya rakyatnya tambah yakin, dia pun melengkapi bagian bawah papan proyek dengan tulisan : “Proyek Ini Dalam Pengawaaan Gusti Allah. Insyallah Amanah”.

Saat dikonfirmasi reporter radarjember.id, kades muda berumur 31 tahun itu menegaskan, tulisan itu bukan hanya untuk meyakinkan rakyatnya. Namun juga jadi bahan renungan untuk dia dan semua perangkat desanya. “Orang mau korupsi itu kadang lupa, bahwa ada Gusti Allah yang selalu mengawasi dan endak bakal keliru memberi penilaian pahala maupun dosa,” terangnya.

Sehingga dia pun tegas, mulai tahun anggaran 2018, semua proyek desanya diberi tulisan seperti itu. Tak hanya itu, supaya semakin yakin endak ada bancak,an duit proyek negara, semua pelaksana proyek di desanya dia sumpah satu-persatu untuk tidak korupsi.

Selain itu, pria yang juga seorang pengusaha tersebut, juga tak segan turun langsung untuk memastikan kualitas proyek pembangunan desanya. “Ternyata semangat anti korupsi tidak cukup. Karena pembangunan, harus imbang dengan kualitas fisik proyek. Kenapa?, supaya awet dan manfaatnya bisa berumur panjang. Tidak boleh dibangun asal-asalan,” paparnya.

Fotografer : Rully Efendi

Reporter    : Rully Efendi

Editor         : Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :