Dari 720, Hanya Terisi 538 Caleg di Bondowoso

PROSES VERIFIKASI: Inilah proses verifikasi yang dilakukan KPU Bondowoso. Sudah 16 partai yang mendaftar pada hari terakhir 17 Juli 2018.

BONDOWOSO RADARJEMBER.ID – Berdasarkan kuota total, maka peluang bacaleg dari 16 partai di Bondowoso adalah 720. Dengan estimasi seluruhnya mendaftarkan 100 % kadernya. Namun sampai akhir pendaftaran, kuota bacaleg hanya terisi 538. Bahkan ada partai hany hanya mendaftarkan dua saja caleg se kabupaten.

IKLAN

Ketua KPU Hairul Anam mengatakan, partai yang mendaftarkan hanya dau caleg saja adalah Partai Garuda. Mereka mendaftarkan satu perempuan dan satu laki-laki. Selain itu PKPI, Hanura, Partai Berkarya, dan PSI, mendaftarkan caleg namun tidak penuh. Ada beberapa dapil yang tidak diisi penuh. “Dalam pendaftaran, partai ada yang 100 persen mengisi kuota caleg, dan ada partai yang hanya mendaftarkan dua caleg saja se kabupaten,” jelasnya.

Bagi partai memang tidak harus mengusi kuota penuh. Asalkan kuota 30 % perempuannya bisa terpenuhi, maka sistem informasi partai politik KPU RI akan menerima pendaftaran. Dan KPU dalam tiga hari ini akan melakukan verifikasi berkas pendaftaran.

Divisi Teknis KPU Saifullah mengatakan, sebanyak 16 partai politik seluruhnya mendaftarkan caleg ke KPU. Satu partai yakni Golkar sudah daftar pada Minggu (15/7), sementara 15 parpol mendaftarkan caleg pada Selasa (17/7).

KPU sendiri melakukan verifikasi mulai 18-21 Juli. Selanjutnya pada 22-31 Juli merupakan waktu perbaikan berkas. Berkas yang belum sempurna, dikembalikan ke partai untuk selanjutnya dilakukan pembenahan. “Misalnya SKCK, surat keterangan kesehatan rohani dan beberapa persyaratan lainnya,” tegasnya. (*)

Reporter : Sholikhul Huda

Fotografer : Sholikhul Huda

Editor : Winardi Nawa Putta

Reporter :

Fotografer :

Editor :