Menjemput Jenazah TKI, Bupati Faida Terima Pujian Migrant Care

JEMBER KOTA- Sikap Bupati Faida turun langsung menjemput TKI asal Jember ke Malaysia, mendapat apresiasi Migrant Care. Mereka bangga karena negara hadir di tengah persoalan buruh migran.

IKLAN

Project Officer Migrant Care Jember Bambang Teguh Karyanto, mengaku lega perjuangannya bisa disambut baik keseriusan Bupati Faida. “Kami mengapresiasi setinggi-tingginya sikap Bupati Faida,” katanya Selasa (12/6).

Migrant Care mengawal kepulangan TKI asal Ajung tersebut. Segala relasi sudah dilobi maksimal. Namun bangganya, Bupati Faida merespon dengan baik. “Karena situasi masih terbelit urusan administrasi dan sebagainya, kami pun komunikasi dengan bupati dan jajaran,” tuturnya.

Kata Bambang, pihaknya sudah lega bupati menjemput langsung ke Kuala Lumpur Malaysia. Namun kedepan, pihaknya kembali fokus memperjuangan sebaik-baiknya masalah hak, seperti yang diatur dalam regulasi. Salah satunya hak mendapatkan gaji yang melekat,” terangnya.

Selain itu, Migrant Care meminta harus ada pembelajaran bahwa soal pekerja TKI bukan soal legal dan Ilegal. “Bupati tidak memandang itu, saya kira itu prestasi yang penting,” pujinya.

Menurut Bambang, ini satu momentum ke depan pemerintah sesuai amanah UU Nomor 18 Tahun 2017, tentang perlindungan pekerja migran Indonesia, pemerintah daerah bahkan pemerintah desa pun diberi wewenang. “Ini policy yang menjadi amanah. Tidak ada kesan saling menyalahkan, tapi saling memperkuat,” paparnya.

Selain itu, dua orang anak almarhum yang masih kecil dan istrinya yang tidak kerja, juga perlu dipikirkan. Bambang yakin bupati bisa. Katanya bisa melalui fasilitas kabupaten entah itu Dinsos dan sekolahnya pun bisa ditanggung pemerintah. “Karena masuk kategori keluarga tidak mampu,” akunya.

Fotografer : Dokumen Pribadi Bambang
Reporter    : Rully Efendi
Editor         : Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :