Andalkan Semangat dan Mentalitas

DILATIH – Para bakal calon legislatif Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dari pusat hingga daerah se-Kabupaten Jember-Lumajang dibekali pelatihan menghadapi Pileg 2019 mendatang.

IKLAN

Trik PSI yang Dipenuhi Caleg Baru
JEMBER – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memang menjadi pendatang baru dalam pemilihan legislatif 2019 mendatang. Bahkan, bacaleg mereka juga adalah wajah-wajah baru dalam pileg mendatang. Meski begitu, mereka cukup optimis menghadapi Pileg mendatang.

Hal ini terlihat dalam kegiatan pembekalan dan pelatihan bacaleg untuk DPR, DPRD propinsi dan kabupaten di salah satu rumah makan di Jember kemarin. Hadir dalam kegiatan ini yakni Wakil Sekjend DPP PSI Danik Eka Rahmaningtyas. Ada sekitar 80 bacaleg PSI yang kemarin mengikuti kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengaku optimis dalam menghadapi Pileg mendatang meskipun banyak dipenuhi bacaleg berwajah baru. Danik mengatakan pihaknya tidak akan gentar. “Kami memang baru, tapi kami yakin dengan semangat dan mentalitas pasti bisa berhasil,” jelas Danik.

Dia menjelaskan hal ini terlihat dari perjuangan para kader ini saat membuat PSI bisa lolos menjadi peserta pemilu 2019 dengan penuh semangat dan perjuangan yang keras. Dirinya mengatakan sebenarnya ilmu pengetahuan dan skill di bidang politik bisa dilatih dengan berbagai pembekalan. Namun, untuk semangat dan mentalitas, diakuinya, jika hal itu tidak bisa dibeli dengan nilai uang. Mentalitas yang dimaksud yakni perjuangan dan kejujuran para bacalegnya sudah sangat terbukti.

Danik menuturkan, perjuangan dan kejujuran ini adalah bawaan dari lahir yang menjadi bekal berarti menghadapi pertarungan pileg mendatang. Pihaknya ingin merubah paradigma jika politik memang secara teori dan filosofi memang bagus namun tataran dalam pelaksanaan sangat jelek. “Karena sebelumnya mindset-nya hanya kekuasaan,” tegasnya. Padahal, politik bukan hanya melulu soal kekuasaan saja tetapi bagaimana memperjuangkan masyarakat.

Dengan berbagai hal tersebut, pihaknya pun cukup optimis bisa sukses dalam Pileg 2019 mendatang. “Kalau di pusat kami targetkan bisa meraih suara 8 persen. Jadi bisa lebih dari parlementary Threshold (PT) 4 persen,” terangnya. Sementara dari 575 kursi DPR RI, pihaknya menargetkan minimal 40-50 kursi yakni minimal menjadi satu fraksi di DPR RI.

Sementara untuk tingkat DPRD kabupaten baik Lumajang maupun Jember menargetkan satu kursi di masing-masing daerah pemilihan. “Kalau Jember kami yakin bisa meraih 6 kursi minimal,” imbuh Agus Hamdani, Ketua DPC PSI Jember kemarin. Apalagi, dalam pileg ini pihaknya bertumpu kepada bacaleg dengan wajah baru serta mayoritas anak muda dan 70 persen adalah perempuan.

“Dengan semangat dan mentalitas untuk berjuang, kami yakin bisa,” pungkas Agus.

Reporter : Rangga Mahardika
Fotografer : Rangga Mahardika

Reporter :

Fotografer :

Editor :