Ratusan Surat Suara Rusak Pilgub Kurang 2.070, Pilbup Lebih 13.966

HAFID ASNAN / RAME RUSAK : Yusuf Adi pamungkas Ketika menemukan surat suara rusak dalam proses pelipatan surat suara kemarin

LUMAJANG – Proses pelipatan surat suara memang sudah berjalan hampir sepekan. Dalam proses ini, ternyata bukan hanya berhasil melakukan pelipatan untuk persoapan pemungutan suara nanti. Tetapi juga menemukan banyak hal yang jadi keganjalan. Setidaknya, KPU Lumajang berhasil menemukan ratusan surat suara rusak.
Temuan surat suara rusak itu diketahui siang kemarin. Diketahui surat suara rusak ada sebanyak 353 lembar dari total kebutuhan 833.700. Dari hasil pelipatan itu juga ditemukan adanya kelebihan surat suara. “Sampai 13.966 lembar kelebihannya untuk surat suara pilihan Bupati,” kata Yusuf Adi pamungkas, Divisi Logistik dan Keuangan KPU Lumajang.
Memang, sederhananya kelebihannya bisa dipakai untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU). Namun ternyata tidak. Sebab, untuk PSU ada surat suara dengan warna dan model tersendiri. Jadi tidak menggunakan surat suara sama untuk pelaksanaan pilkada nantinya.
Dan ternyata, untuk PSU pemilihan bupati sendiri masih ada kelebihannya. Dari total kebutuhan 2 ribu lembar surat suara. Ternyata kemarin berhasil dilipat malah lebih jumlahnya menjadi 2.117 lembar. Dengan kondisi surat suara baik 2.108 lembar. Rusak sebanyak 9 lembar. “Kelebihannya malah ada 108 lembar surat suara,” jelasnya.
Lalu, bagaimana dengan ketersediaan dan proses pelipatan surat suara Pilgub?. Yusuf menjlentrehkan kondisinya tidak jauh berbeda. Sama-sama ada kekurangan dan kerusakan. Hanya berbeda jumlahnya yakni cukup banyak. Dia menyebutkan jika Surat Suara Pilgub yang dibutuhkan adalah 833.700 lembar. Namun, setelah dicek ada 832.760 lembar. Dalam kondisi baik ada 832.195 lembar dan yang rusak lebih banyak.
“Yang rusak mencapai 565 lembar. Dan mengalami kekurangan tidak sedikit. Kurangnya sampai 2.070 lembar,” pungkas Yusuf. Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan KPU Propnsi Jawa Timur untuk meminta tambahan surat suara Pilgub in nantinya. Pihaknya yakin sebelum pelaksanaan, kebutuhan surat suara ini sudah tuntas. (fid/ram)

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :