Kacabdin Provinsi Daftar Kadisdikbud

BONDOWOSO, RADARJEMBER.ID – Open bidding tahun ini, ada satu nama ASN yang menyita perhatian. Yakni Sugiono Eksantoso. Jabatan definitifnya saat ini adalah Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Provinsi Jawa Timur Wilayah Bondowoso. Kini dia ikut open bidding untuk jabatan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bondowoso.

Pria kelahiran 1966 ini sudah memenuhi berbagai syarat dari panitia seleksi. Data dari BKD, total ada tiga pelamar yang dinyatakan lolos syarat administrasi hingga saat ini. Termasuk Sugiono.

Dua nama lainnya adalah Saefuddin Zuhri, Sekretaris Dinas Sosial, dan Taufan Restuanto, Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan dan Keuangan. Ketika dihubungi Jawa Pos Radar Ijen melalui sambungan telepon, Sugiono pun membenarkan bahwa dirinya melamar menjadi Kepala Disdikbud Bondowoso. “Iya, memang benar. Saya juga sudah mendapat izin dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa,” tuturnya.

Ketika disinggung mengenai apa yang menjadi alasan mendasar dirinya turut berpartisipasi dalam open bidding tahun ini, Sugiono menanggapi dengan dingin. “Saya juga tidak mungkin pindah ke kabupaten/kota lain yang jauh dari rumah,” ucap pria asal Situbondo ini.

Di sisi lain, Sugiono memiliki target tersendiri apabila dia dipercaya menjadi Kepala Disdikbud Bondowoso. Salah satunya mengenai indeks pembangunan manusia (IPM) di bidang pendidikan Bondowoso. “Target saya salah satunya IPM. Karena IPM Bondowoso masih di bawah target Jawa Timur. IPM Bondowoso masih enam koma,” bebernya.