Pasang Puluhan Perangkap Tikus

Teliti Organ Tubuh, Cari Penyebab Bakteri

Di sisi lain, Sisca, perwakilan dari BBTKLPP, mengatakan bahwa pihaknya turun langsung ke Bondowoso guna ikut memasang jebakan tikus tersebut. “Karena sebelumnya memang ada laporan temuan penyakit ini. Guna mengetahui seberapa besar kepadatan tikus di lingkungan sekitar,” jelasnya.

Nantinya, lanjut dia, bila sudah tertangkap, tikus akan diteliti apakah benar memiliki bakteri Leptospira. Kalau ada yang positif, berarti menguatkan dugaan tikus di lingkungan ini mengandung bakteri tersebut. “Tentu akan kami ambil beberapa ekor tikus, tidak satu tikus,” lanjut dia.

Ketika benar tikus terinfeksi bakteri tersebut, pihaknya menyarankan agar ada pembersihan lingkungan dengan gaya hidup bersih. Juga terus memasang jebakan tikus agar membasmi tikus.

Sisca menegaskan bahwa penyakit leptospirosis tidak dapat ditularkan dari manusia ke manusia. “Kalau penularannya dari manusia ke manusia tidak bisa. Bakteri ini benar-benar dari hewan ke manusia saja. Kencing tikus bisa menularkan ke manusia,” urai Sisca.

Ditanya apakah penularan bakteri tersebut diduga tak hanya dari tikus saja, Sisca menjelaskan bahwa dari beberapa hasil penelitian, bakteri tersebut juga ditemukan di air kencing kambing. “Tapi, di Indonesia memang sebagian besar di tikus. Untuk sementara ini, fokus kami di hewan tikus dulu,” pungkasnya.

Jurnalis: Muchammad Ainul Budi
Fotografer: Muchammad Ainul Budi
Editor: Lintang Anis Bena Kinanti