Pasang Puluhan Perangkap Tikus

Teliti Organ Tubuh, Cari Penyebab Bakteri

BONDOWOSO, RADARJEMBER.ID – Sebagai tindak lanjut temuan kasus luar biasa leptospirosis di wilayah Kelurahan Tamansari, beberapa hari lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bondowoso bersama Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP), Dinkes Provinsi Jawa Timur, serta pihak Puskesmas Kademangan turun langsung ke lokasi. Yakni di RT 13 Kelurahan Tamansari, wilayah Kecamatan Kota.

Kemarin (14/6), mereka sudah bergerak memasang perangkap tikus di sejumlah rumah warga dan sawah yang biasanya menjadi lokasi kerja pasien pertama terinfeksi bakteri Leptospira interrogans.

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans. Disebarkan melalui urine, kotoran, atau darah hewan yang terinfeksi bakteri tersebut. Terutama ada pada hewan tikus.

“Kami langsung terjun ke lokasi, bertujuan untuk melakukan pemeriksaan langsung dugaan hewan tikus yang menjadi penyebab bakteri itu. Dengan memasang jebakan di rumah si penderita dan tetangga kanan-kirinya,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bondowoso Mohammad Imron.

Pemasangan jebakan itu akan dilakukan hingga dua hari ke depan. “Apabila besok (hari ini, Red) tikusnya tertangkap dalam jebakan, nantinya akan dibawa ke laboratorium BBTKLPP di Surabaya untuk dilakukan pembedahan. Diambil organ ginjalnya dan diteliti,” imbuhnya.

Total ada 35 jebakan tikus yang dipasang di sudut-sudut rumah warga. Dan 15 yang sengaja dipasang di sawah. Dengan umpan sebuah potongan kelapa yang sebelumnya sudah dibakar terlebih dulu.

Sementara itu, kondisi pasien yang beberapa hari lalu sempat dirawat inap di salah satu rumah sakit Bondowoso, sudah kembali ke rumahnya. Pihak Dinkes Bondowoso pun mengkroscek kondisi pasien yang menjalani rawat jalan di kediamannya. “Sekarang ini kondisi pasien sudah kembali ke rumah, tiga hari lalu. Tapi kondisinya masih lemah, karena juga ada penyakit lainnya di tenggorokan dan saluran pernapasan,” lanjut pria yang berasal dari Gresik tersebut.