Harus Melek Digital Marketing

Guru, Siswa dan Karyawan SMKPPN 1 Tegalampel Bondowoso

BONDOWOSO, RADARJEMBER.ID – Revolusi Industri 4.0 ditambah dengan pandemic Covi-19 membuat sekolah harus lebih melek dengan dunia digital. Baik guru, siswa bahkan karyawannya harus benar-benar melek dengan yang namanya dunia digital. Bahkan pengetaunai dunia digital harus lebih berkembang lagi, salah satunya digital marketing atau pemasaran scara digital.
Pasalnya, bisnis di dunia digital betayl betul harus mengandalkan digital marketing untuk menembus pasara yang kini tanpa batas. Pasar digital sangat luas karena tidak hanya local daerah, regional provinsi atau nasional..kini pasar internasional atau global sudah tidak ada sekat dalam dunia digital, khususnya dalam bisnis digital.
Nah, sebagai respon revolusi Industri 4.0 yang ditambah dengan pandemic Covid-19 SMKPPN 1 Tegalampel menggelar Workshop Sekolah Penggerak dan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) SMK Pusat Keunggulan, Implementasi Pengembangan Karier GTK SMK PP Negeri 1 Tegalampel selama 4 hari, 7 sampai 10 Juli 2021.
Salah satu materinya digital marketing yang disampaikan oleh Dian Isyarini Pemiluwati SP.MP digelar hari kedua bersama dengan materi tentang materi kurikulum SMK Pusat Keunggulan yang disampaikan Sofyan Sauri SPd MPd. “Dilanjutkan dengan kegiatan sharing pembuatan perangkat pembelajaran kurikulum SMK Pusat keunggulan oleh Ariesta Forestyani SPd, Ustria Fibriyanti,SPd, Nanik Kusumawati SPd, Jamilah, SP dan Nanik Wahyuningsih,SH,” ujar Dewi Yulita, ketua Panitia Workshop Sekolah Penggerak dan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) SMK Pusat Keunggulan, Implementasi Pengembangan Karier GTK SMK PP Negeri 1 Tegalampel.
Dian Isyarini Pemiluwati SP menyampaikan tentang upaya membuka mindset guru SMK PPN 1 Tegalampel. “Di mana zona bapak dan ibu guru tersebut berada di comfort zone, fear zone, learning zone ataukah growth zone. Harapan kami di era Sosiaty 5.0 iniBapak dan Ibu guru semua berada di zona growth zone,” imbuhnya.
Dimana zona ini akan mengarahkan bapak dan ibu guru menjadi guru yang menyenangkan dan diterima di segala zaman. “Mengingat siswa-siswa sekarang merupakan siswa dari generasi Z yang dari awal mereka lahir mereka mengenal teknologi digital maka harus mengenal digtal marketing,” ujarnya.
Menurut dia, Digital marketing penting bagi baak ibu guru dan juga dibutuhkan sekolah untuk berbagai macam hal. Diantaranya untuk promosi sekolah, branding media sosial sekolah dan menunjukkan kepada konsumen sekolah bahwa sekolah ada dan mengikuti perkembangan zaman. “Mengenal dan mempelajari Digital marketing sangat penting bagi bapak dan ibu guru tidak hanya untuk menjual barang atau produk nya tetapi juga membranding diri sebagai seorang pengajar,” ujarnya.
Agar guru mempu memenugi kebutuhan siswanya yang merupakan generai Z. “Agar dicintai dan dirindukan anak didik melalui gerakan sekolah menyenangkan dan digitalisasi pendidikan. SMK Digital, siap digital…. SMK Bisa, SMK Hebat, SMK PP Negeri 1 Tegalampel Luar Biasa,” pungkasnya.