Penyaluran BPNT Disorot

Satgas Pangan Tinjau Ketersediaan Beras

BONDOWOSO, RADARJEMBER.ID – Satgas pangan Bondowoso melakukan monitoring guna memastikan ketersediaan beras untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di enam pemasok. Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Bondowoso Zaiful Bahri, pemeriksaan dilakukan karena saat Ramadan kebutuhan beras meningkat.

Sedangkan rencana pendistribusian BPNT dijadwalkan sebelum Lebaran. Karena itulah, pihaknya ingin memastikan konsistensi distributor untuk memenuhi kebutuhan beras yang akan disajikan dalam program BPNT. “Kebutuhan beras menjelang Lebaran mesti meningkat, hanya memeriksa ketersediaan,” ujarnya.

Dirinya menerangkan, hasil dari tinjauan itu menunjukkan bahwa distributor memastikan sanggup memenuhi beras di tengah tingginya permintaan menjelang Lebaran. Zaiful menyebut, jumlah penerima BPNT untuk periode Maret dan April 2021 terjadi penurunan.

Pada Februari 2021 tercatat penerima BPNT sekitar 106 ribuan keluarga penerima manfaat (KPM). Namun, kini penerima menurun menjadi 77,51 persen dari jumlah sebelumnya.