Wahana Biosite Hutan Pelangi Bondowoso

BONDOWOSO, RADARJEMBER.ID – Pelangi dalam benak kita selalu dibayangkan sebagai warna-warni yang berada di langit. Tapi, coba berkunjung ke Desa/Kecamatan Sumberwringin, Bondowoso. Di sana ada pohon yang menjulang tinggi dan disebut sebagai pohon pelangi atau hutan pelangi.

Baca Juga: Biosite Hutan Pelangi Tempat Favorit Bergaya di Medsos

Untuk menuju lokasi yang berada di Desa/Kecamatan Sumberwringin tersebut, jaraknya dari Alun-Alun Bondowoso sekitar 30 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh 45 menit. Sedangkan bila berangkat dari Jember, jaraknya 65 kilometer dan waktu perjalanan 1,5 jam.

Hutan pelangi tersebut menjadi kawasan hutan dengan tujuan khusus (KHDTK) dengan luas 23,6 hektare. Hutan dengan kekayaan jenis tanaman di dalamnya itu menjadi bagian yang bisa dilirik oleh wisatawan. Di hutan tersebut terdapat beragam jenis tanaman. Baik tanaman asal Indonesia maupun dari luar negeri.

Dari keterangan papan informasi yang berada di lokasi, terdapat 59 jenis tanaman hutan. Pohon jenis tanaman tinggi beriklim basah tersebut antara lain kelompok pinus, mahoni, eukaliptus, dan damar. Salah satu pohon yang terlihat eksotis dan memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata adalah pohon leda. Jenis pohon yang masuk pada kategori vulnerable. Kategori pohon ini di alam sangat rentan. Populasinya terus menurun akibat eksploitasi berlebihan di habitat aslinya.