Penari Muda Jember Tampil di TMII Jakarta 

SIAP PENTAS: Para penari muda Jember ketika latihan untuk mempersiapkan diri tampil di TMII dalam Gelar Seni Budaya Daerah di Jakarta, 8 Desember mendatang.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Sebanyak 75 orang penari sekaligus kru asal Jember akan tampil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 8 Desember mendatang, di anjungan Jawa Timur. Mereka mewakili Jember untuk tampil dalam Gelar Seni Budaya Daerah (GSBD). Kegiatan yang digelar setiap tahun untuk menampilkan pentas seni budaya dan potensi setiap daerah di Jatim.

Puluhan penari Jember dari sanggar Kartika Budaya ini bakal membawakan lagu daerah, tarian, hingga drama tari. Tema yang diangkat adalah Gebyar Jember Mukti Mahambara. Tema mengeksplorasi potensi khas Jember. Mukti Mahambara juga berarti Jember memiliki kawasan yang makmur. Menunjukkan wilayah yang subur bagi perkembangan seni budaya dalam arti luas.

Enis Kartika, produser dan pimpinan produksi, mengatakan, dirinya sengaja memanggil anggota penari asal Jember yang berada di luar daerah. “Karena pergelaran ini bukan pergelaran biasa. Daerah seperti Jember harus mempersiapkan dengan baik,” katanya.

Bahkan,  guru  SMPN 1 Ambulu ini juga menggelar audisi internal bagi para penari.  Menyeleksi siapa saja yang layak tampil dalam gelar seni kali ini. “Audisinya dua minggu. Karena dalam pentas ini ada banyak karakter dan penari, dan itu beda-beda. Jadi, harus selektif memilih tokoh yang tepat,” jelasnya.

Nantinya, ada satu lagu daerah terbaru yang akan dibawakan di atas panggung, yaitu lagu berjudul Jember Indah Mempesona karya Sanggar Kartika Budaya. “Kami sengaja membawakan lagu baru, sekaligus memperkenalkan dan promosi. Juga ada tarian Butak Pangodian, Bedoyo Bumi Aji, Hatsungkara, drama tari Sogol Pendekar Sumur Gemulih, dan Jember Indah Mempesona,” paparnya. Pementasan itu juga akan menampilkan drama cerita Pendekar Sogol Sumur Gemuling.

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi