Tempat Pembuatan Upal Digerebek

PRODUSEN UPAL: Sejumlah barang bukti diamankan kepolisian dari rumah tersangka Zainudin di Perumahan Arjasa Asri, Dusun Tegalbago, Desa/Kecamatan Arjasa.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Tak banyak yang tahu jika di Jember ada rumah yang menjadi tempat pembuatan uang palsu (upal). Kemarin (2/12), aktivitas ilegal itu terungkap. Tim Resmob Polda Jatim bersama Polres Jember menggerebek lokasi produksi upal di Perumahan Arjasa Asri, Dusun Tegalbago, Desa/Kecamatan Arjasa.

Dalam penggerebekan yang dipimpin AKP Kusmiadi itu, polisi menyita 9.500 lembar upal pecahan 100 ribu. Selain itu, aparat juga membekuk Zainudin, warga yang ditengarai menjadi pelaku produksi upal tersebut. Pria 45 tahun tersebut ditangkap tanpa melakukan perlawanan.

Terbongkarnya pelaku pemalsuan ini merupakan hasil pengembangan kasus serupa di Kecamatan Balung. Berdasarkan informasi itulah, Tim Resmob Polda Jatim menuju ke rumah Zainudin, dini hari. Awalnya, petugas hanya ingin mengecek kebenaran informasi yang diperoleh sebelumnya. Namun, setelah masuk ke dalam rumah, mereka justru menemukan barang bukti upal yang nilainya cukup fantastis, mencapai hampir 1 miliar.

Selain menyita upal, polisi juga mengamankan lembaran uang dolar yang masih belum dipotong. Hanya saja, belum diketahui berapa nilai uang dolar itu. Bahkan, di dalam rumah pelaku, polisi juga menemukan seperangkat komputer, sebuah printer, alat sablon, serta satu boks kertas.

Peralatan inilah yang ditengarai digunakan pelaku mencetak upal tersebut. “Untuk uang palsu dari tersangka ini diedarkan di luar wilayah Jember,” ujar Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal kepada Jawa Pos Radar Jember.

Karena kasus ini ditangani Polda Jatim, maka tersangka dibawa ke Surabaya untuk proses lebih lanjut. Sedangkan sejumlah barang yang diduga sebagai alat dan bahan upal turut diamankan sebagai barang bukti.

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih