Pembobol Rumah Kosong Diringkus

TUNJUKKAN BB: Penyidik Reskrim Polsek Sumbersari menunjukkan barang bukti kepada tersangka Rahmat Subarka, 33. Tersangka merupakan pencuri spesialis rumah kosong.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Tim Serigala Unit Reskrim Polsek Sumbersari meringkus seorang pelaku pencurian spesialis rumah kosong. Pelakunya Rahmat Subarka, 33, warga Dusun Sumberejo, Desa Yosorati, Kecamatan Sumberbaru. Tersangka ditangkap di sekitar Polsek Patrang setelah petugas menyamar menjadi pembeli barang curiannya, Sabtu (30/11) sore, sekitar pukul 15.00.

Selain menangkap Rahmat, petugas juga berhasil menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya tiga unit TV LED berbagai merek, dua buah speaker aktif, sebuah notebook, HP/ponsel, dan mesin pemotong rumput. Setelah menjalani pemeriksaan, Rahmat ditetapkan sebagai tersangka. Dia mendekam di sel tahanan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Informasi yang dihimpun, tersangka beraksi di tiga rumah berbeda di kawasan Perumahan Puri Bunga Nirwana, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari. Tiga rumah tersebut semuanya berada di satu blok. Aksi tersangka di tiga rumah yang kondisinya kosong ini dilakukan pada hari yang sama, yakni Minggu (24/11) sekitar pukul 11.00.

Dalam menjalankan aksinya, tersangka melompati pagar dan menjebol tembok. Kemudian, dia masuk ke dalam rumah dengan cara mencongkel jendela. Setelah masuk, tersangka menggasak barang-barang di rumah tersebut. Sebagian barang yang diambil sudah terjual. Sementara, sebagian lagi ada yang dipakai sendiri dan ditawarkan kepada pembeli.

Kapolsek Sumbersari Kompol Faruk Mustafa Kamil membenarkan penangkapan itu. Menurutnya, sebelum beraksi, tersangka membidik sasaran dengan cara berkeliling mencari rumah kosong. “Untuk aksinya diakui tersangka dilakukan hanya seorang diri. Tapi tentunya kami tidak percaya begitu saja. Kami masih mendalami keterangannya untuk pengembangan kasus ini,” pungkas Faruk, kemarin (2/12).

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih