Kopi Sukorambi Siap Go Internasional

SIAP EKSPOR. Tanaman kopi merupakan andalan Kecamatan Sukorambi, keunggulan ini yang coba diolah Oleh Camat Sukorambi Rudianto menjadi peluang untuk mengekspor kopi lokal tersebut.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kebutuhan kopi dunia setiap tahun rata-rata mengalami peningkatan 8,8 %, hal tersebut mengundang ketertarikan Bambang Rudianto, Camat Sukorambi untuk memasarkan kopi lokal Sukorambi ke pasar internasional. “Di Kecamatan Sukorambi terdapat hamparan tanaman kopi seperti di Desa Sukorambi, Klungkung dan Karangpring, kualitas kopi Kecamatan Sukorambi tidak kalah bila dibanding dari daerah lain,” ungkap Rudianto.

Selama ini kopi merupakan ikon kecamatan tersebut, apalagi di Desa Klungkung dan Karangpring terdapat 400 orang petani kopi. “Mereka petani kopi tidak terbiasa memanen kopi hingga berwarna merah, padahal untuk mendapatkan kopi berkualitas tinggi haruslah petik merah. Pihak kecamatan harus turun tangan untuk mengedukasi petani,” ujarnya.

Muhammad Kasim, warga Dusun Durjo, Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi memaparkan, selama ini kecamatan tersebut tidak saja mengedukasi warga tentang kapan memetik kopi, lebih dari itu melakukan edukasi proses pengolahan kopi secara baik dan benar, sesuai standar Pusat Penelitian Kopi dan Kakao. “Sebagai petani kopi tentu sangat senang dan gembira karena pihak kecamatan telah memberikan edukasi sehingga mampu menaikkan pamor kopi Sukorambi,” jelas Kasim.

Di sisi lain, tanaman kopi di Kecamatan Sukorambi mampu mengurangi angka pengangguran lokal, terbukti saat ini generasi muda di kecamatan itu mulai tertarik untuk menjalankan bisnis yang berkaitan dengan kopi seperti membuka usaha kafe.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :