POIN PENUH: Para pemain Persebaya merayakan gol kedua yang dicetak David da Silva. (ISTIMEWA/PERSEBAYA.ID)

SURABAYA – Penampilan spartan arek-arek Bajul Ijo berhasil membawa Persebaya Surabaya mengemas tiga poin penuh saat melakoni laga tandang ke kandang Madura United di Stadion Gelora Bangkalan dalam ajang Liga 1 pekan ke-30, Senin (2/12) malam.

Persebaya yang menurunkan skuad terbaiknya berhasil mengungguli tim tuan rumah 3-2 dalam pertandingan yang diwarnai kartu merah tersebut. Dalam laga yang dijuluki Derby Suramadu ini, Persebaya lebih dulu unggul lewat gol David da Silva pada menit ke-16.

Berawal dari blunder bek Alfath Fathier yang kehilangan bola dan akhirnya dicuri Diogo Campos yang langsung mengumpan bola ke Rendi Irwan. Rendi yang membawa bola mencoba untuk menendangnya langsung ke gawang dan berhasil diblok oleh bek Ante Bakmaz.

Namun, bola muntah langsung disambar David da Silva sehingga mencetak gol pertama untuk Persebaya. Keunggulan Persebaya pun bertahan hingga turun minum babak pertama.

Memasuki babak kedua, laskar Sappe Kerap tampil lebih trengginas dan berhasil comeback dengan dua gol beruntun. Masing-masing dicetak striker Aleksandar Rakic pada menit ke-52 dan pemain pengganti, Alberto (Beto) Goncalves di menit ke-59.

Persebaya baru bisa menyamakan kedudukan kembali lewat sontekan David da Silva pada menit ke-82. Irfan Jaya akhirnya keluar sebagai pahlawan dengan mencetak gol kemenangan Persebaya di menit ke-88 dari assist Rendi Irwan Saputra yang menjadi kreator serangan tim berjuluk Bajul Ijo itu.

Derbi Suramadu ini sempat diwarnai kartu merah yang diberikan oleh wasit ke pemain naturalisasi Greg Nwokolo. Kartu usiran keluar lapangan itu diberikan setelah penyerang Madura United itu melakukan protes keras yang menjurus kekerasan fisik ke arah wasit. Tanpa ampun, Greg diusir keluar lapangan tanpa peringatan lebih dulu.

Bermain dengan 10 pemain inilah yang membuat keseimbangan permainan Madura United terganggu. Akibatnya, Madura United langsung kebobolan dalam kurun delapan menit usai kartu merah untuk Greg Nwokolo. Masing-masing oleh gol David da Silva di menit ke-82 dan gol Irfan Jaya pada menit ke-88.

Kemenangan ini kontan mengerek performa Persebaya di klasemen sementara Liga 1 dari posisi ke-9 melejit ke posisi ke-7 dengan kemasan 42 poin dari 30 kali berlaga. Dengan 42 poin ini, Persebaya dipastikan selamat dari zona degradasi. Sedangkan Madura United tertahan di posisi ke-4 dengan 44 poin.

IKLAN