ILUSTRASI: Rizieq Shihab mengaku dicekal untuk pulang ke Indonesia. (Dok JawaPos.com)

JawaPos.com – Massa peserta reuni 212 di Monas, Jakarta Pusat memutar video orasi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Video tersebut dibuat oleh Rizieq dari Mekkah, Arab Saudi.

Dengan duduk bersila di depan sebuah meja yang dikelilingi oleh buku-buku, Rizieq bersikukuh masih dicekal oleh Kerajaan Arab atas permintaan Pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, ia sampai hari belum bisa pulang ke tanah air.

“Saya masih dicekal oleh pemerintah Indonesia dengan alasan keamanan atas permintaan pemerintah Indonesia,” kata Rizieq dalam video tersebut.

Dia menyampaikan, keyakinannya bahwa masih ada pencekalan berdasarkan ucapan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi beberapa waktu ini. Menurut Rizieq, Essam mengatakan masih berlangsung negosiasi antara pejabat tinggi negara untuk memulangkannya.

“Pernyataan Dubes Arab Saudi yang lalu itu sudah cukup sebagai pengakuan yang luar biasa, bahwa ada sesuatu dari pemerintah Indonesia sendiri yang membut saya masih dicekal,” imbuh Rizieq.

Lebih lanjut, Rizieq pun memastikan dirinya sudah menghubungi Dubes Indonesia untuk Arab Saudi. Langkah itu dilakukan tak lama setelah keluarnya surat pencekalan.

“Bahkan duta Besar RI yang berkedudukan di kota Riyadh, mengriim seorang utusan secara resmi. Yakni ketua Pos Badan Intelijen Negara (BIN) yang ada di KBRI Riyadh ke rumah saya di Kota Suci Mekkah,” jelasnya.

Rizieq mengatakan petugas itu meminta keterangan dan meminta sejumlah berkas keimigrasian dalam bentuk fotokopi. Dia pun memberikan paspor hingga visa kepada petugas tersebut. Rizieq pun mengklaim sempat berbicara dengan Duta Besar Indonesia lewat ponsel petugas tersebut.

“Saya sempat menawarkan pak Dubes untuk mampir datang ke Mekkah. Bahkan saya ucapkan terima kasih sudah mengirim petugas. Saat itu pak dubes juga mengingatkan saya, agar memberikan keterangan yang selengkap-lengkapnya,” jelasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

IKLAN