Jember Alokasi APBD Terbaik Bidang Kesehatan

ALOKASI APBD TERBAIK: Bupati Jember dr Hj Faida MMR mendapat penghargaan sebagai daerah dengan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) terbaik bidang kesehatan.

JAKARTA, RADARJEMBER.ID Empat tahun menjadi pemimpin Jember, banyak prestasi yang ditorehkan Bupati Jember dr Hj Faida MMR dan Wakil Bupati Jember Drs KH Muqit Arief. Sehari setelah Jember mendapatkan tiga penghargaan sekaligus dalam ajang `Top Digital Awards 2019` di Jakarta, besoknya Jember kembali meraih penghargaan khusus dari `Katadata Insight Centre`. Jember dinilai sebagai salah satu daerah dengan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) terbaik bidang kesehatan.

Penghargaan diterima langsung Bupati Faida di Ballroom Jakarta Theatre XXI Jakarta, Kamis malam (28/11/ 2019).  Bupati Faida menjelaskan, selama 4 tahun menjabat, pihaknya benar-benar memperhatikan sektor kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan.

Dijelaskan, dalam 22 Janji Kerja Faida-Muqit, program satu desa satu ambulans sudah terlaksana dan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan terbaik dan gratis.

“Saat ini, sudah tersedia sebanyak 248 ambulans desa meliputi medan berat dan ambulans untuk  medan ringan. Temasuk tersedia 50 ambulans Puskesmas Keliling dan 31 ambulans jenazah,” ujar Bupati Jember dr Hj Faida MMR.

Ditambahkan, Pemkab Jember juga membiayai Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin  100 persen gratis. Pembiayaan kesehatan bagi masyarakat miskin dipermudah dengan perbaikan penegakan sistem pelayanan dengan harapan masyarakat lebih bisa mendapatkan pelayanan yang cepat, tanggap dan sesuai dengan kebutuhan pasien.

“Jember juga mengimplementasikan TRS (Tim Rujukan Sosial). Ada tiga petugas yang stand by selama 24 jam di seluruh rumah sakit pemerintah. Satu dari Dinas Sosial (Dinsos), satu dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Satu petugas lagi dari Dinas Kesehatan (Dinkes),” paparnya. Ini bertujuan, kata Bupati Faida, jika ada warga yang bermasalah menyangkut urusan layanan kesehatan, bisa langsung diselesikan di rumah sakit bersangkutan, tanpa warga harus kerepotan mengurus layanan di tiga instansi tersebut.

Tidak hanya itu, lanjut Faida, Pemkab Juga memberikan Asuransi kesehatan gratis seluruh ibu hamil. Termasuk asuransi gratis bagi warga yang mempunyai penyakit kronis seperti diabetes, darah tinggi, stroke, TB Paru dan untuk keluarga dengan balita stunting.

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Jember for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Jember for Radarjember.id

Editor : Mahrus Sholih