Aplikasi FAI Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

JAKARTA, RADARJEMBER.ID – Banyak gerobakan yang dilakukan Pemkab Jember menuju Jember Smart City (JSC). Salah satunya melalui aplikasi FAI (Fokus Anak dan Ibu) yang menorehkan penghargaan nasional. Aplikasi FAI selama ini ternyata mampu menurunkan angka kematian Ibu (16,3 %) dan angka kematian Bayi (26,2%) pada tahun 2018.

Selain itu ada aplikasi Layanan online Surat Kecamatan untuk percepatan pelayanan surat masyarakat di kecamatan dan kelurahan. Termasuk layanan pajak daerah online “Ini memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak daerah. Ada lagi Aplikasi e-Retribusi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membayar retribusi yang lebih efektif dan efisien,” ujar Bupati Jember dr Hj Faida MMR.

Tidak hanya itu saja, kini sudah ada Digital Talent Scholarship. Yang memberikan pelatihan dan sertifikasi bagi pelajar dan guru SMK, meningkatkan keterampilan dan daya saing.
Dijelaskan, Jember telah menerapkan Program Quick Win melalui Smart Living berupa aplikasi JSC FAI untuk monitoring kesehatan ibu hamil dan anak.

Sejauh ini aplikasi JSC FAI telah mampu menekan angka kematian Ibu dan Anak. Dijelaskan, rencana pengembangan ke depan adalah penambahan fungsi Pemantauan tahap persalinan, Pemantauan Kesehatan Bayi serta pembuatan Buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) digital.

Selain itu ada Smart Branding sebagai upaya gerakan membeli produk lokal. Melalui Perda No. 9 Tahun 2016, para pengusaha yang melakukan investasi wajib menggunakan bahan dari produk lokal. Sama halnya bagi pengusaha toko modern, wajib menjual produk lokal dengan komposisi minimal 20%.

Khusus Smart Economy, kata Faida, dilakukan melalui aplikasi sistem e-Retribusi. Ini merupakan sistem penarikan retribusi pasar yang bekerjasama dengan Bank dengan metode digital. Sehingga pembayaran retribusi lebih cepat dan efisien. Untuk saat ini telah dilaksanakan di 3 pasar wilayah Jember. Rencana pengembangannya akan di implementasikan di semua pasar di Kabupaten Jember.

Sedangkan untuk Smart Governance dilakukan integrasi pelayanan publik SIJIAE. Saat ini Jember telah melakukan uji coba pelayanan surat online (ada 19 jenis surat) di tingkat Kecamatan yang mendapatkan respon positif dari masyarakat. Ke depannya akan diimplementasikan di semua Kecamatan dan Kelurahan serta diintegrasikan dengan layanan Perijinan Usaha dan Kependudukan. Pengaplikasian ini dapat meningkatkan percepatan proses pelayanan mencapai 41 persen di tahun 2019.

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Jember for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Jember for Radarjember.id

Editor : Mahrus Sholih