100 Persen Puskesmas Jember Sudah Terakreditasi

JADI LIPUTAN UTAMA: Sosok Bupati Jember dr Hj Faida MMR jadi topik utama liputan Majalah IT Works.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Tidak salah jika Jember mendapatkan penghargaan nasional bidang kesehatan. Apalagi latar belakang Bupati Jember dr Hj Faida MMR adalah seorang dokter dan CEO beberapa rumah sakit swasta terbesar di Jawa Timur. Selama menjadi Bupati Jember, Faida benar-benar membenahi sarana prasarana dan melayani rakyat dengan baik. Bahkan, seluruh puskesmas di Pemkab Jember sudah terakreditasi semua.

“Seluruh puskesmas atau sebanyak 50 puskesmas sudah terakhreditasi keseluruhan,” ujar Bupati Jember dr Faida MMR. Tidak hanya itu, selain program satu desa satu ambulans, revitalisasi puskesmas juga sudah dilakukan.

“Sampai saat ini sudah dilakukan revitalisasi 50 Puskesmas, revitalisasi 116 Puskesmas Pembantu, Revitalisasi 5 Poskesdes dan 9 Polindes,” ujarnya bangga.

Faida menambahkan, revitalisasi Puskesmas dan jaringannya ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan yaitu menyesuaikan dengan standar pelayanan puskesmas sesuai Permenkes No 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas dan penyesuaian sarana prasarana berdasarkan pada PP No 27 tahun 2019 mengenai Fasilitasi akses ciptaan bagi disabilitas.

Khusus Pengelolaan limbah juga menjadi aspek yang diperhatikan dan menjadi salah satu bentuk inovasi yang dimunculkan yaitu dengan proses pengadaan IPAL Puskesmas sebagai langkah pengelolaan limbah cair sebanyak 16 IPAL dan juga pengelolaan sampah padat medis infeksius dilakukan di seluruh Puskesmas untuk mengurangi risiko dampak kerusakan terhadap lingkungan

Apa yang dilakukan Bupati Faida ini merupakan bukti inovasi terkait dengan peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat sesuai tuntutan dari Permenkes No 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas dan Permenkes No 44 Tahun 2016 tentang Manajemen Puskesmas,

“Jember juga melakukan perbaikan di 3 rumah sakit milik pemerintah agar layanan kepada rakyat semakin baik,” paparnya. Termasuk sudah adanya layanan Cancer Center.

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Jember for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Jember for Radarjember.id

Editor : Mahrus Sholih