Kampung Sukorejo Jadi Miniatur SDGs

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Keberadaan Kampung Sustainable Development Goals (SDGs) di Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari, menjadi salah satu sasaran yang dikunjungi peserta Festival HAM 2019 di Jember. Beberapa tamu mancanegara tertarik lantaran sekretariat SDGs berada di Pondok Pesantren Raudlah Darus Salam (RDS) di desa setempat.

SDGs yang merupakan program PBB menjadi alasan khusus mereka datang karena harus disukseskan negara-negara dunia. SDGs di ponpes ini menjadi miniatur implementasi program pembangunan berkelanjutan tersebut.

Chalida Tajaroensuk, People’s Empowerment Foundation (PEF) Eksekutif Director dari Thailand, mengaku tersanjung saat datang ke Kampung SDGs. Sebab, dia hadir saat acara pengajian yang dihadiri ribuan orang.

Menurutnya, masyarakat Islam di Kampung SDGs ini sangat baik. “Memiliki toleransi tinggi dan menerima kehidupan inklusif sebagai bagian dari 17 program SDGs,” ucapnya. Chalida pun menawarkan pertukaran pelajar Jember, khususnya pesantren, dengan pelajar Thailand.

Saat melihat produk UMKM Kampung SDGs, Chalida menolak ketika dirinya diberi oleh-oleh warga. “Dia ringan tangan, tidak mau diberi, tetapi membeli hasil produk kampung SDGs,” kata pembina Kampung SDGs Sukorejo, KH Misbahus Salam.

Misbah yang juga menjadi Pengasuh Ponpes RDS menyebutkan, Chalida juga mengaku terkesan dengan sikap toleransi warga, pemerataan pendidikan, peningkatan ekonomi, serta beberapa hal lain yang kaitannya dengan HAM. “Kampung SDGs ini diharapkan menjadi percontohan untuk yang lain,” pungkas Misbah yang juga menjadi Ketua Baznas Jember tersebut.

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Mahrus Sholih