Tanoker Sapa Pengunjung Pameran Festival HAM 2019

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Untuk lebih mengenalkan produk Tanoker kepada publik, Komunitas Belajar – Bermain Tanoker Ledokombo sengaja mengikuti pameran Festival HAM 2019. Tercatat ada 35 produk tertata rapi di stand Tanoker, meliputi kerajinan, mainan egrang, bakiak, kuliner, batik dan kopi.

Banyak pengunjung yang tertarik dengan untuk singgah ke stand ini, banyak di antara mereka yang bahkan tidak mengetahui keberadaan Komunitas Belajar – Bermain Tanoker Ledokombo.

Muhammad Haris, EO Kampung Belajar Tanoker mengatakan, komunitas ini berdiri tahun 2012 dan berproses bersama pengrajin di Kecamatan Ledokombo, sebagian besar mitra berkarya Tanoker adalah kaum perempuan mantan buruh migran atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) dan keluarganya.

Lebih jauh Haris menerangkan, komunitas ini kerapkali berkumpul dan saling mendukung, untuk menghasilkan aneka produk ramah lingkungan dan menggunakan bahan bekas seperti kain perca, batok kelapa, biji buah Nyamplung, gedebok Pisang dan kulit Jagung.
“Selain itu komunitas ini mengolah kayu dan bambu menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis tinggi, diantaranya dompet, tempat laptop, wadah kacamata, map, aneka pensil, egrang bambu dan aneka aksesoris,” imbuh Haris.

Salah seorang pengunjung stand Tanoker, Dian Utari warga Jalan Gajahmada Jember mengatakan, ia sangat meminati hasil karya dari Tanoker karena memanfaatkan potensi lokal seperti kayu dan bambu sebagai bahan dasar. “Lucu dan unik itu yang terkesan dari produk Tanoker Ledokombo, tentu hal ini harus lebih ditingkatkan kwalitasnya agar bisa bersaing dipasaran,” ungkap Dian.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :