Silahkan Wadul Ombudsman Bila Pelayanan Publik Kurang Memuaskan

KENALKAN OMBUDSMAN.Jauh-jauh datang dari Jakarta ke Jember mengikuti pameran Festival HAM, lembaga negara ingin mengenalkan diri kepada masyarakat karena banyak yang belum paham apa itu ombudsman.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Melakukan sosialisasi, konsultasi dan menerima pengaduan mayarakat, itulah tujuan keikutkansertaan Ombudsman berpartipasi dalam pameran Festival Hak Asasi Manusia (HAM) 2019 yang diadakan di Jember kali ini. “Selama ini masyarakat kurang mengetahui apa itu Obmudsman, termasuk apa tugas dan kewenangan lembaga negara tersebut,” ungkap Rizki Nur Yunita, Asisten Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman Pusat.

Dikatakan oleh gadis asal Bekasi, Jawa Barat, lembaga ini  dibentuk melalui Keputusan Presiden (Kepres) No.44 Tahun 2000 Tentang Komisi Ombudsman Nasional, kemudian di tahun 2008 keberadaan lembaga negara itu diperkuat dengan UU No.37 tentang Ombudsman Republik Indonesia.

Indra, Asisten Bidang Pencegahan, Ombudsman merupakan lembaga negara pengawas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah dan negara. “Termasuk pelayanan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), tidak terkecuali swasta maupun orang perorangan dan ia melakukan pelayanan publik serta menggunakan uang negara baik itu bersumber belanja nasional dan belanja daerah,” terang Indra.

Memasuki hari kedua berada di Jember, Ombudsman menerima 11 konsultasi masyarakat dan 2 laporan baru. Laporan tersebut akan diverifikasi, untuk menentukan apakah laporan itu kewenangan ombudsman atau bukan.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :