Persid Jember Lolos Semifinal Zona Jatim

MASUK EMPAT BESAR: Persid Jember U-17 melanjutkan asanya untuk dapat lolos ke fase nasional Piala Soeratin U-17, setelah mereka berhasil masuk di laga semifinal zona Jatim.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Persid Jember U-17 membuktikan bahwa mereka tak gentar dengan rekor apik lawan dalam laga delapan besar Piala Soeratin U-17 zona Jawa Timur, Senin (18/11). Persid junior berhasil memecundangi lawannya, Blitar Poetra, dengan skor 2-0 (0-0)  di Stadion Brawijaya, Kediri.

Padahal, Blitar Poetra punya rekor bagus sebelum menghadapi Persid Junior. Delapan kali pertandingan tak tersentuh kekalahan. Persid junior-lah yang mematahkan rekor tersebut, sekaligus meraih satu tiket ke pertandingan semifinal.

Meskipun baru pertama kali merasakan pertandingan malam hari di turnamen tahun ini, skuad Persid junior tak canggung. Walaupun di babak pertama skor kacamata 0-0 bertahan untuk kedua tim. Di babak kedua, permainan tim asuhan Denny Ariyanto ini mulai nyetel. Beberapa peluang barisan depan Persid sempat menyulitkan penjaga gawang Blitar Poetra. Gol pertama Persid baru tercipta di 15 menit awal babak kedua, melalui gelandang tengahnya, Deddy. Unggul satu gol, semangat Persid semakin terpacu.

Play maker sekaligus kapten Persid, Gilang Oktavana, sukses menggandakan kedudukan 2-0. Itu setelah tendangan jarak jauhnya sukses menggetarkan gawang Blitar Poetra.

Namun sayang, leading dua gol, Persid justru harus bermain dengan sepuluh pemain. Itu setelah Gilang Oktavana mendapat kartu kuning kedua dari wasit. Di sisa menit yang ada, skor 2-0 untuk keunggulan Persid bertahan hingga peluit panjang ditiup wasit.

Head Coach Persid, Denny Ariyanto, menuturkan bahwa permainan anak asuhnya belum seratus persen maksimal. “Secara hasil memuaskan, tapi secara permainan belum maksimal. Pemain saya belum menunjukkan performa terbaiknya,” ucapnya kepada  Radarjember.id.

Denny menambahkan, di babak kedua, timnya dapat tampil lepas. “Babak kedua saya beri motivasi dan perubahan strategi, mereka bisa bermain cepat. Apalagi setelah unggul satu gol, semakin percaya diri,” terangnya.

Dia juga menanggapi kartu merah yang didapatkan Gilang di pertengahan babak kedua. “Mungkin terpancing emosi. Ya namanya pemain muda, masih perlu mengontrol emosinya. Padahal, sudah saya imbau untuk tahan emosi,” jelasnya.

Setelah meraih kemenangan atas Blitar Poetra, Persid junior melanjutkan langkahnya di laga semifinal besok sore. Lawan yang dihadapinya adalah ASIFA Malang yang menjadi tim kejutan. Sebab, mereka mampu mengalahkan juara bertahan tahun lalu, Persebaya U-17, dengan adu penalti 4-2 (0-0) dalam laga delapan besar.

Persid junior beruntung jelang laga semifinal nanti. Sebab, empat tim yang masuk semifinal mendapat keringanan pemutihan kartu. Itu berarti, Gilang dapat dimainkan sejak menit awal. “Gilang bisa main, tapi kartu merah itu harus dibayar dulu. Dendanya Rp 2 juta,” ujar Denny.

Persid tentu harus mewaspadai kekuatan calon lawannya ini. ASIFA Malang juga menjadi tim yang menghentikan langkah saudara Persid, yaitu Jember United, di babak 18 besar sebelumnya.

“Kalau sudah masuk semifinal, semua lawan pasti punya kepercayaan tinggi dengan mentalitas berlipat ganda. Tapi kami tidak ada strategi khusus, yang penting anak-anak mau all out,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dari putaran Piala Soeratin U-17 zona Jawa Timur ini, hanya ada satu tim yang mewakili Jatim untuk bertanding di putaran babak nasional nantinya. Satu tim itu berstatus juara di zona Jatim. Itu artinya, Persid junior wajib memenangi dua laga sisa ke depan. Laga semifinal dan final.

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Bagus Supriadi