Marvel Fans Community, Komunitas Nonton Bareng Film Marvel di Jember

Tempat Kumpulnya Penggemar Marvel

FANS BERAT IDOLA: Para anggota Marvel Fans Community (MFC) Jember, berpose layaknya superhero idolanya di ruang redaksi Jawa Pos Radar Jember.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Bagi kalian para penggemar komik dan film marvel, ternyata kini ada komunitas kumpul-kumpulnya. Nama komunitasnya adalah Marvel Fans Community (MFC).

Perkumpulan ini berdiri di kota pahlawan, Surabaya tahun 2012 lalu. Foundernya Okki Wibowo dan almarhum Yosafat Agus. Berdiri tahun 2012, mereka sering mengikuti beberapa even di Surabaya. Perkembangan cukup pesat justru ada di media sosial grup terbuka Facebook. Hingga pada akhirnya tahun 2017, mulailah MFC melebarkan sayap ke kota/kabupaten di nusantara.

Dimulai dari Lampung, terus ke Jakarta, Malang, Bandung, Jember hingga Pontianak. Kegiatannya pun yakni nonton bareng film marvel atau beberapa film lainnya. Sampai sharing bersama membahas seputar komik dan film marvel dengan superhero di dalamnya.
Siapa yang tak tahu pahlawan super ala Marvel, seperti Iron Man, Captain Marvel, Hulk, Thor, Captain America, Ant-man, Black Widow dan Black Panther, hingga sang villain macam Thanos.

Mereka semua masuk dalam film Avangers, yang hingga kini digandrungi semua kalangan. Film yang disutradai Russo bersaudara ini, Anthony Russo dan Joe Russo ini memang menyita banyak perhatian, sampai membuat Marvel semakin naik daun.
Sementara itu, di Jember sendiri sudah terbentuk Marvel Fans Community Jember (MFC Jember). MFC regional Jember ini mulai terbentuk sejak 22 Januari 2019 lalu. Anggotanya pun beragam. Mulai dari pelajar, mahasiswa dan juga yang sudah pada bekerja di bidangnya masing-masing. Tetapi, pada umumnya sih kebanyakan diisi kaum muda. Tahu sendiri, Marvel memang paling banyak digemari oleh para remaja masa kini.
Meskipun belum genap setahun, tercatat sudah ada sekitar 50-an anggota MFC Jember yang gabung di dalamnya.

“Grup kami aktif di whatsapp. Tapi kalau waktu nobar, banyak yang gabung. Anggota banyak yang bawa pasukan, mulai dari kerabat, keluarga, sampai teman kantor,” kata Stanly Reza Andhika, ketua MFC Jember.

Adi Susisanto, salah satu anggota mengaku, dirinya tertarik bergabung bersama MFC Jember, karena memang dia suka dengan film Avangers. Pertama kali dia langsung kesemsem, pada film Avangers pertama tahun 2012 lalu. “Saya juga suka film Iron Man yang pertama kali keluar tahun 2008. Baru Avangers 2012, setelah itu ngikuti terus. Tapi kok gak puas ya, akhirnya gabung komunitas ini untuk ikut kegiatannya sekalian,” papar Adi.

Adi juga mengkoleksi aksesoris yang berbau superhero Marvel. Mulai dari kostum, replica senjata, dan mainan action figure.

“Sambil nunggu film baru keluar, ya ngumpulin aksesorisnya juga lah,” tutur pria berusia 37 tahun ini.
Bahkan, pelajaran yang dia petik dari film Avangers End Game, dari Robert Downey Jr, pemeran Tony Stark sebagai Iron Man. “Kata-katanya I Love You 3.000, menjadi salah satu motivasi hidup saya, untuk menyayangi putra saya,” pungkasnya.

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Hadi Sumarsono