Tes CPNS tahun lalu, pada 2019 Tes CPNS Digelar di Unesa, (dok)

SURABAYA – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur Anom Surahno mengatakan telah menyiapkan Gedung Serbaguna Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sebagai tempat pelaksanaan tes CPNS 2019 yang dilaksanakan Februari 2020.

Menurutnya, gedung tersebut mampu menampung kurang lebih 600 peserta tes dalam sekali gelombang.

“Sehari bisa lima sampai enam gelombang, jadi sehari bisa 3000 peserta tes,” ujarnya, Kamis (14/11).

Anom mengatakan jika sudah lolos seleksi, PNS yang belum Latihan Dasar (Latsar) mendapat 80 persen dari gaji pertama. Sesuai dengan ketentuan Permenkeu dan golongannya.

“80 persen dari gaji pertama sesuai dengan ketentuan Perkemenkeu dan golongan,” tambahnya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 atas perubahan kedelapan belas atas PP Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai tertuang, gaji pertama PNS untuk golongan II a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 2.022.200. Sedangkan golongan III a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 2.579.400. Kemudian golongan IV a masa kerja 0 tahun Rp 3.044.300.

“Jika merujuk pada aturan tersebut, maka gaji pertama PNS golongan III a setara pendidikan S1 atau sarjana hanya sekitar Rp 2 juta saja,” terangnya.

Pemberian gaji itu karena yang bersangkutan belum latsar atau belum menerima surat keputusan pengangkatan PNS, sehingga gajinya 80 persen. Namun setelah mendapat surat keputusan baru mendapat gaji 100 persen.

Sementara itu, pihak Unesa siap menyukseskan pelaksanaan tes CPNS 2020 Jatim. Kabag Umum Biro Umum dan Keuangan (BUK) Unesa Joeswadi Judo Juwono menuturkan bahwa BKD sudah melakukan survei tempat seperti di Graha Unesa yang terletak di Kampus Lidah Wetan.

“Gedung tersebut bisa menampung sampai 5 ribu orang, tinggal bagaimana pihak BKD saja dalam melaksanakan nantinya,”katanya kepada Radar Surabaya.

Joeswandi juga mengatakan bahwa tidak ada hanya tempat namun Unesa juga menyiapkan komputer apabila dibutuhkan pada test CPNS tersebut.”Kami punya komputer sekitar 3 ribu yang siap digunakan nantinya apabila memang dirasa kurang, kami siap memberikan yang terbaik untuk CPNS ,”terangnya.

Sementera itu Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Suprapto menambahkan sudah ada komunikasi dengan pihak Pemrov untuk penggunaan tempat tes CPNS di Unesa, “Pihak Pemrov sudah berkoordinasi dengan kami dan juga mensurvei tempat yang ada di Unesa, kami siap apabila Unesa digunakan sebagai ujian CPNS,”pungkasnya. (mus/rmt/rud)

(sb/jpg/jek/JPR

IKLAN