FKIP Unej Kenalkan Pembelajaran Modern Kepada Guru Biologi

IKUTI PELATIHAN: Puluhan orang guru biologi SMA negeri dan swasta se-Kabupaten Jember, terlihat serius mengikuti pelatihan pembelajaran modern.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Tantangan guru sebagai pendidik ke depan semakin berat seiring berkembangnya teknologi, karena itu guru biologi harus bisa meningkatkan kualitas pembelajaran.

Hal itu melatarbelakangi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prodi Biologi Universitas Jember (Unej), mengadakan pelatihan pembelajaran modern untuk guru biologi SMA negeri dan swasta se Kabupaten Jember mulai bulan Oktober hingga Nopember ini.
“Guru biologi peserta pelatihan ini merupakan anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan kegiatan mendapatkan dukungan penuh dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unej,” ujar Erlia Narulita,S.Pd,M.Pd,Ph.D, ketua kegiatan tersebut.

85 orang guru biologi ini selama pelatihan mendapatkan materi pelatihan salah satunya berupa aplikasi materi buku genetik berbasis teknologi yang menggabungan benda maya dua atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi dan memproyeksi benda maya dalam waktu nyata atau biasa disebut Augmented Reality (AR).

Selain itu kata Erlia, melalui pelatihan ini diharapkan guru biologi mampu melakukan pembelajaran dengan baik pada siswa-siswa SMA yang notabene generasi Z atau generasi internet, karena itu Technologycal Pedagogical and Content Knowledge (TPCK) guru perlu ditingkatkan.

Panitia lain, Muhammad Iqbal,S.Pd,M.Pd, mengatakan, dalam pelatihan ini peserta memakai handphone untuk menjalankan aplikasi AR, kemudian discan-kan ke buku yang gambarnya bersesuaian dengan aplikasi tersebut.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :