Sedulur Tiyang Mancing Jember, Komunitas Mancing yang Peduli Lingkungan

MANCING MANIA : Tidak sekedar mancing, komunitas Sedulur Tiyang Mancing Jember juga peduli terhadap lingkungan.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Sedulur Tiyang Mancing Jember (STMJ) merupakan wadah penghobi mancing dan berdiri tahun 2014, waktu itu hanya memiliki anggota puluhan orang dan selama kurun waktu lima tahun komunitas tersebut anggotanya tembus ratusan orang.

Daniel Adjie Soefianto Ketua STMJ megatakan anggota STMJ ini dari semua kalangan seluruh Kabupaten Jember. “Tiap bulan di Minggu pertama STMJ mengadakan kegiatan anjangsana membahas program kerja komunitas, selain itu kerapkali mengadakan kegiatan bakti sosial berupa bersih-bersih pantai dan sungai,”jelas Daniel.

Dikatakan pula oleh Daniel, STMJ tidak jarang mengadakan acara mancing bersama untuk lebih mengakrabkan hubungan sesama anggota. “Perlu diketahui STMJ setiap tahun menggelar lomba mancing untuk umum di laut, untuk tahun ini merupakan lomba mancing ketiga dan dipusatkan di Pantai Papuma,” katanya.

Sementara itu Sumarno, penasehat STMJ membenarkan hal tersebut, bahkan lomba mancing bertajuk Jember Fishing Tournament (JFT) ini diikuti oleh 640 peserta terdiri dari 160 tim dari seluruh Indonesia dan bakal diadakan pada tanggal 16-17 Nopember ini.
“Juri akan memilih juara didasarkan kepada perolehan ikan terberat, total hadiah JFT senilai Rp.40 Juta dan akan ditentukan 7 orang pemenang dan 3 orang kapten kapal terbaik karena lomba ini menggunakan Jukung,”ungkap Sumarno.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :