Siswa SMK Al Hasan Panti Pintar Bikin Kopi Kemasan

PRODUKSI SENDIRI: Semua siswa di SMK Al Hasan Panti diajak langsung untuk melakukan proses produksi pembuatan kopi kemasan.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kopi sebagai salah satu produk lokal Kabupaten Jember, menginspirasi SMK Al Hasan, Panti, untuk membuat usaha sendiri kopi kemasan. Produk kopi kemasan yang diberi merk  Kopi Rengganis atau Rengganis Coffee  merupakan  andalan sekolah tersebut, tertata rapi di Expo UMKM produk lokal bertempat di Lippo Plaza.

Tidak sedikit pengunjung Expo mendatangi stand SMK Al Hasan, untuk mengetahui proses pembuatan dari awal hingga akhir Kopi Rengganis tersebut. Tri Bagus Prasetyo, murid kelas XII, Jurusan Agribisnis, SMK Al Hasan Panti mengutarakan, saat ia masih duduk di kelas X telah terlibat langsung dalam proses produksi kopi kemasan itu. “Semua siswa dari semua jurusan di SMK Al Hasan Panti dikenalkan bagaimana cara membikin kemasan, mereka tidak sekedar mengetahui bagaimana perlakuan terhadap kopi, lebih dari itu hal ini sebagai bekal wirausaha bagi para siswa ketika lulus sekolah,” ungkap Bagus.

Sementara itu Rifki Agus Mahendra, murid kelas X SMK Al Hasan Panti menambahkan, kopi buatan sekolah swasta ini dipasarkan melalui media sosial dan kerapkali mengikuti berbagai pameran. “Harga Kopi Rengganis beragam, untuk jenis Kopi Robusta ukuran 100 gram dijual Rp. 8.000, 250 Gram dibandrol Rp.18.000.Untuk jenis Arabica 100 gram seharga Rp. 35.000. Jenis Arabica paling banyak diminati oleh konsumen,” terang Rifki.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :